ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS DAN OLD STROKE DENGAN APLIKASI PEMBERIAN POSISI LATERAL 30 DERAJAT UNTUK PENCEGAHAN LUKA TEKAN DI RUANGAN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Vanechia, Septi Johani (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DIABETES MELITUS DAN OLD STROKE DENGAN APLIKASI PEMBERIAN POSISI LATERAL 30 DERAJAT UNTUK PENCEGAHAN LUKA TEKAN DI RUANGAN RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full Text)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau kedua-duanya. Komplikasi jangka panjang dari diabetes mellitus adalah stroke. Stroke merupakan penyakit yang paling sering menyebabkan kecacatan terutama kelumpuhan anggota gerak sebagai akibat gangguan fungsi otak. Kecacatan akibat stroke berpengaruh terhadap lamanya pasien di rawat di rumah sakit dan memungkinan timbulnya luka tekan. Luka tekan adalah lesi pada kulit yang disebabkan karena adanya tekanan yang berlebih dan mengakibatkan kerusakan pada bagian dasar jaringan. Tujuan penulisan laporan ilmiah ini adalah untuk penerapan asuhan keperawatan diabetes mellitus dan old stroke dengan pemberian posisi lateral 30 derajat untuk mencegah luka tekan. Prosedur yang dilakukan dimulai dari pengkajian, analisa data, menetapkan diagnosa keperawatan, menyusun intervensi, melakukan implementasi dan evaluasi. Berdasarkan pengkajian ditemukan masalah keperawatan ketidakstabilan kadar glukosa darah, hipertermi, gangguan mobilitas fisik, kerusakan integritas kulit. Hasil implementasi pemberian posisi lateral 30 derajat pada pasien selama 7 hari didapatkan terhindarnya pasien dari luka tekan ditandai dengan tidak ada kemerahan, tidak ada kulit mengelupas, tidak ada luka, tidak ada nyeri tekan, tidak ada edema. Hasil implementasi didapatkan bahwa pemberian posisi lateral 30 derajat dapat mencegah terjadinya luka tekan. Kata kunci : Luka tekan, diabetes melitus, old stroke, posisi lateral 30 derajat Referensi : 19 (2004 – 2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp., M.Kes
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:35
Last Modified: 21 Jan 2019 12:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41707

Actions (login required)

View Item View Item