STRATEGI KELUARGA MISKIN UNTUK MEMPEROLEH KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DALAM PROGRAM WELFARE STATE BIDANG KESEHATAN DI KOTA PADANG Studi Keluarga Miskin Kelurahan Kuranji

Rina, Dwi Purnama Sari (2018) STRATEGI KELUARGA MISKIN UNTUK MEMPEROLEH KARTU INDONESIA SEHAT (KIS) DALAM PROGRAM WELFARE STATE BIDANG KESEHATAN DI KOTA PADANG Studi Keluarga Miskin Kelurahan Kuranji. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK-converted.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI RINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Keluarga miskin merupakan masalah yang paling diresahkan oleh masyarakat baik secara absolut maupun seacara relatif,masalah kemiskinan secara sosiologis sangat menarik untuk dicermati. tingkat kemiskinan di Indonesia masih terbilang tinggi baik dari segi kebutuhan pangan, tempat tinggal, sarana pendidikan, dan jaminan kesehatan. Indonesia sendiri untuk menanggulangi kemiskinan maka pemerintah memberikan Jaminan Kesehatan secara gratis untuk masayarakatnya agar terlindungi kesehatannya, tetapi pada kenyataannya masih ada keluarga miskin yang belum memperoleh Kartu Indonesia Sehat (KIS). Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsi Kartu Indonesia sehat (KIS) adalah hak untuk keluarga miskin tetapi keluarga miskin masih harus bersiasat untuk memperoleh KIS tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah strategi keluarga miskin untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan kendala apa saja yang di hadapi keluarga miskin sehingga mereka masih ada yang belum mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih dengan teknik porposif samplingserta dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam. Teori yang digunakan adalah Strukturasi dari Anthony Giddens yang memfokus pada strategi keluarga miskin untuk memperoleh Kartu Indonesia Sehat (KIS). Hasil dari penelitian ini adalah keluarga miskin yang memperoleh Kartu Indonesia Sehat dengan strategi mereka sendiri. Strategi yang dilakukan keluarga miskin yaitu adanya kedekatan dengan tokoh masyarakat, melakukan pengecekan secara berkala ke Kantor Lurah mengenai peluang untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dengan cara melihat prosedur Kartu Indonesia Sehat melalui online. Kata Kunci : Strategi, Keluarga Miskin, Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azwar, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 21 Jan 2019 12:00
Last Modified: 21 Jan 2019 12:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41577

Actions (login required)

View Item View Item