PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERKOSAAN DI TINGKAT PENYIDIKAN (Studi di Reserse Kriminal Polres Kabupaten Sijunjung)

Wilda, Musafir (2019) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK KORBAN TINDAK PIDANA PERKOSAAN DI TINGKAT PENYIDIKAN (Studi di Reserse Kriminal Polres Kabupaten Sijunjung). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi zFull Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perlindungan hukum terhdadap anak korban perkosaan diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan diperbaharui lagi dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, yang telah ditetapkan menjadi undang-undang berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016. Banyaknya kasus perkosaan terhadap anak menimbulkan kekhawatiran, karena anak korban perkosaan dapat menimbulkan penderitaan fisik dan juga psikis sehingga dapat mempengaruhi perkembangan korban. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ; 1. Bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban perkosaan di tingkat penyidikan di Reserse Kriminal Polres Kabupaten Sijunjung? 2. Apa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban perkosaan di tingkat penyidikan di Reserse Kriminal Polres Kabupaten Sijunjung? 3. Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum terhadap anak korban perkosaan di tingkat penyidikan di Reserse Kriminal Polres Kabupaten Sijunjung? Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa ; 1. Perlindungan hukum yang diberikan terhadap anak korban perkosaan diantaranya berupa pendampingan psikologi dan rehabilitasi sosial guna memulihkan kembali kondisi mental, fisik, dan lainnya setelah mengalami trauma yang sangat mendalam akibat peristiwa yang dialaminya. 2. Dalam proses penyidikan anak harus didampingi oleh walinya serta bebas dari pertanyaan yang menjerat dan memberikan keterangan tanpa tekanan. 3. Dalam melaksanakan perlindungan hukum terhadap anak korban perkosaan unit PPA Polres Kabupaten Sijunjung bekerja sama dengan Dinas Sosial dan P2TP2A Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. A. Irzal Rias, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Jan 2019 10:37
Last Modified: 21 Jan 2019 10:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41491

Actions (login required)

View Item View Item