PELAPISAN HIDROKSIAPATIT TULANG SAPI PADA TITANIUM PADUAN TNTZ MENGGUNAKAN METODA ELECTROPHORETIC DEPOSITION (EPD) SEBAGAI MATERIAL IMPLAN SENDI

Fuad, Ramadhan (2019) PELAPISAN HIDROKSIAPATIT TULANG SAPI PADA TITANIUM PADUAN TNTZ MENGGUNAKAN METODA ELECTROPHORETIC DEPOSITION (EPD) SEBAGAI MATERIAL IMPLAN SENDI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Osteoartritis (OA) adalah salah satu dari sepuluh penyebab utama kelumpuhan dan gangguan pergerakan sendi. Berdasarkan keterlibatan sendinya, OA paling sering ditemukan di lutut, tangan, dan panggul. Penanganan yang umum dilakukan pada pasien osteoartritis adalah dengan pemasangan implan logam pengganti sendi. Material implanyang cocok digunakan untuk mengganti sendi adalah Ti-29Nb-13Ta-4,6Zr (TNTZ) karena bersifat biokompatibel tahan korosi, dan memiliki modulus elastisitas yang hampir sama dengan tulang manusia. Meskipun begitu material ini belum bersifat bioaktif sehingga belum mampu mempercepat terjadinya osseointegrasi tulang setelah implantasi. Untuk mengatasi hal tersebut material TNTZ dapat dilapisi dengan hidroksiapatit (HA). HA bisa didapat dari sumber daya alami maupun sintetis. HA yang digunakan dalam penelitian ini adalah HA yang berasal dari tulang sapi karena memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi memiliki dan harga yang lebih murah dari HA sintetis dan. Pada penelitian ini proses pelapisan dilakukan dengan metoda electrophoretic deposition karena metode ini sangat fleksibel yaitu dapat dimodifikasi dengan mudah untuk aplikasi tertentu, instrumentasi alat yang sederhana dan biaya yang murah. Metode ini dilakukan dengan menghubungkan anoda ke kutub positif pada power supply dan katoda pada arus negatif. Parameter yang digunakan yaitu variasi ukuran partikel hidroksiapatit tulang sapi dengan voltase dan waktu yang konstan. Adapun variasi ukuran partikel HA tulang sapi yang digunakan yaitu 25 µm, 63 µm dan 125 µm. Partikel HA tulang sapi ini diperoleh dari ekstrak tulang sapi yang dihaluskan menggunakan planetary ball mill dan diayak untuk memisahkannya sesuai ukuran. TNTZ yang telah terlapisi HA tulang sapi diamati dengan mikroskop stereo, Scanning electron mocroscopy (SEM), dan energy dispersive x-ray analysis (EDX). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa ukuran partikel dapat mempengaruhi kualitas lapisan HA yang dihasilkan pada permukaan TNTZ. Kualitas HA yang paling baik ditemukan pada sampel dengan ukuran partikel HA 25 µm dengan nilai surface coverage 98,6%, ketebalan 121,27 µm, pertambahan massa 3,56 mg, dan komposisi kimia (Ca/P) 1,49%. Partikel HA yang berasal dari tulang sapi memiliki potensi untuk menggantikan penggunaan HA komersil. Kata kunci: Ti-29Nb-13Ta-4,6Zr (TNTZ), Hidroksiapatit, Electrophoretic Deposition, Ukuran Partikel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. H. Gunamawarman
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 22 Jan 2019 12:23
Last Modified: 22 Jan 2019 12:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41470

Actions (login required)

View Item View Item