“TRADISI PENOBATAN GELAR ADAT PADA MASYARAKAT KERINCI” (Studi Kasus: Dusun Empih, Kecamatan Sungai Bungkal Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi)

Reza, Utari (2018) “TRADISI PENOBATAN GELAR ADAT PADA MASYARAKAT KERINCI” (Studi Kasus: Dusun Empih, Kecamatan Sungai Bungkal Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi 1-5 full new.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kenduri sko merupakan salah satu upacara tradisional yang hanya ada di Kabupaten Kerinci, khusunya pada masyarakat Dusun Empih Desa Sumur Anyir. Kenduri sko merupakan warisan budaya leluhur nenek moyang yang dilaksanakan secara turun temurun, bagi masyakarat Kerinci kenduri sko memiliki berbagai macam pesan budaya yang terkandung didalamnya. Kehadiran kenduri sko sebagai bentuk identitas suatu daerah yang harus dilestarikan agar tetap bertahan sampai kapanpun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu pemilihan informan secara sengaja berdasarkan maksud dan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan (1) fungsi penobatan gelar dalam kenduri sko yaitu untuk menjaga adat istiadat, meneruskan tradisi, meneruskan struktur pemerintahan adat, adanya sanksi sosial antar dusun (2)fungsi penobatan gelar bagi tokoh adat (3)fungsi penobatan gelar bagi masyarakat untuk fungsi biologis, fungsi psikologis, sebagai legitimasi sosial, sebagai hiburan dan pendidikan. Masyarakat selalu berupaya untuk melestarikan tradisi ini dengan cara melaksanakan kenduri sko pada saat yang telah ditentukan dan masyarakat saling memberikan informasi kepada tiap-tiap generasi. Kata kunci: Penobatan Gelar, Kenduri Sko, Fungsi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrizal, M.Si
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 18 Jan 2019 15:50
Last Modified: 18 Jan 2019 15:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41392

Actions (login required)

View Item View Item