ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE HEART FAILURE ec ACUTE CORONARY SYNDROME DENGAN PENERAPAN TOPICAL HEAT THERAPY UNTUK MENURUNKAN NYERI DADA DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M DJAMIL PADANG

Mira, Purti Marisa (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN ACUTE HEART FAILURE ec ACUTE CORONARY SYNDROME DENGAN PENERAPAN TOPICAL HEAT THERAPY UNTUK MENURUNKAN NYERI DADA DI RUANGAN CARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak (2).pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutupan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT MIRA PURTI MARISAA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Menurut Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI tahun 2013, setiap tahunnya lebih dari 36 juta orang meninggal karena Penyakit Tidak Menular dan kematian pertama didominasi oleh penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular salah satunya gagal jantung termasuk permasalahan kesehatan yang terus progresif dengan angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi baik di negara maju maupun berkembang (PERKI, 2015). Salah satu tanda gejala yang paling sering muncul adalah nyeri dada akibat penyumbatan sehingga oksigenasi pada arteri koroner berkurang. Tujuan penulisan ini adalah untuk memaparkan asuhan keperawatan pada pasien Acute Coronary Syndrome dengan penerapan topical heat therapy dalam menurunkan nyeri dada pasien di Ruang CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Metode penulisan yang digunakan adalah studi kasus. Prosedur yang dilakukan adalah pengkajian, penetapan diagnosa keperawatan, membuat intervensi, dan evaluasi. Diagnosa yang ditemukan adalah gangguan pertukaran gas berhubungan dengan ketidakseimbangan ventilasi perfusi, penurunan curah jantung berhubungan dengan perubahan irama jantung, nyeri akut berhubungan dengan agen cidera fisiologis dan resiko ketidakefektifan perfusi jaringan renal . Hasil implementasi yang dilakukan adalah berkurang nyeri dada pada pasien setelah diberikan topical heat therapy. Disarankan untuk pemberian topical heat therapy pada klien dengan nyeri dada . Kata Kunci : Acute Coronary Syndrome, Topical Heat Therapy,Nyeri dada, Daftar Pustaka : 50 (2007-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Elvi Oktarina, S.Kep, M.Kep., Sp.Kep.MB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 15:04
Last Modified: 18 Jan 2019 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41328

Actions (login required)

View Item View Item