ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.S DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA PRASEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS: PENDIDIKAN KESEHATAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG

Sarifhatul, Aini (2018) ASUHAN KEPERAWATAN PADA An.S DENGAN KESIAPAN PENINGKATAN PERKEMBANGAN USIA PRASEKOLAH DAN MANAJEMEN KASUS: PENDIDIKAN KESEHATAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAPUS.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEKS)
Full teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS LAPORAN ILMIAH AKHIR DESEMBER 2018 Nama : Sarifhatul Aini, S. Kep Bp : 1741313026 Asuhan Keperawatan Pada An.S Dengan Kesiapan Peningkatan PerkembanganUsia Prasekolah Dan Manajemen Kasus: Pendidikan Kesehatan Perkembangan Anak Usia Prasekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Padang ABSTRAK Masa pra sekolah merupakan masa ketika anak berumur 3-6 tahun. Kegagalan tugas perkembangan yang terjadi pada usia prasekolah bisa menyebabkan anak memiliki perasaan bersalah sehingga anak tidak mau berinisiatif. Oleh karena itu diperlukan stimulasi yang tepat oleh keluarga. Untuk mendukung pelaksanaan tersebut diterapkan kemitraan lintas program dalam manajemen pelayanan keperawatan. Perawat sebagai bagian dari pelayanan kesehatan turut andil mewujudkan program peningkatan perkembangan anak melalui upaya pelayanan kesehatan jiwa melalui pendekatan Community Mental Health Nursing (CMHN). Salah satu tugas dan fungsi CMHN yakni melakukan manajemen kasus kesehatan jiwa dalam bentuk kegiatan pendidikan kesehatan pada orangtua yang memiliki anak usia pra sekolah di RW 06. Karya ilmiah ini bertujuan memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif pada klien dengan kesiapan peningkatan perkembangan usia prasekolah dari tanggal 7-15 November 2018 serta menerapakan pendidikan kesehatan pada orangtua yang memiliki anak usia prasekolah tanggal 26 November 2018. Hasil akhir asuhan keperawatan anak prasekolah, klien dan keluarga mampu meningkatkan stimulasi perkembangan anak di delapan aspek dalam masing masing pertemuan untuk mencapai kemandirian seperti pada aspek psikososial, kognitif dan motorik. Setelah diberikan pendidikan kesehatan diperoleh hasil berupa peningkatan point pengetahuan ibu pre dan post sebanyak 2.875. Disarankan kepada perawat agar membuat program khusus untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia prasekolah dengan melakukan kunjungan rumah pada anak usia prasekolah serta melakukan pembinaan yang berkelanjutan terhadap keluarga dalam bentuk pertemuan kelompok pada Orangtua yang memiliki anak usia prasekolah. Kata kunci : Prasekolah, CMHN, Stimulasi Daftar Pustaka: 50 (2002-2016) NURSING FACULTY OF ANDALAS UNIVERSITY SCIENTIFIC FINAL REPORT DECEMBER 2018 Name : Sarifhatul Aini, S. Kep Student Id : 1741313026 Nursing Care For An.S With Readiness to Improve Development of Preschool and Case Managemen: Health Education in the group Pre School Age Children in Andalas Padang Health Center Work Area ABSTRACT The pre-school period is the period when children are from age 3 to 6 years old. The failure of developmental task that occurs in preschool age can cause children to have feelings of guilt, that affect children to be non-initiative. Therefore, proper family stimulation is needed. To support this implementation, cross-program partnerships were implemented in the management of nursing services. Nurses as a part of health services contribute to realize a program for improving child development through mental health services by using Community Mental Health Nursing (CMHN) approach. One of the tasks and functions of CMHN is to conduct case management of mental health with health education for group of parents with pre school children, in RW 06 Parak Gadang timur village of Padang city. This paper was aimed to provide comprehensive nursing care for clients with increased readiness for development of preschool-aged from 7th to 15th of November, 2018 and applied health education for parents with preschool-aged children on November 26th , 2018. The final result of preschool children's nursing care is clients and families can improve child development stimulation in eight aspects for each meeting to achieve self-reliance such as psychosocial, cognitive, and motor aspects. After the parents were given health education, that the result point of parents knowledge was improved by 2.875. It is recommended for nurses to conduct special program to optimize preschool-aged children's developments with home visits in the community and to carry out ongoing coaching in grop meetings for families with preschool-aged children. Keywords: Preschool, CMHN, Stimulation Bibliography: 50 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep, Sp. Kep.Jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 15:02
Last Modified: 18 Jan 2019 15:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41301

Actions (login required)

View Item View Item