ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA NY.D DENGAN KEPUTUSASAAN DAN MANAJEMEN ASUHAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI SESI I (KEMAMPUAN MEMPERKENALKAN DIRI) DI KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR RW 07 AIR CAMAR

Astri, Wulandari Situmorang (2018) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA NY.D DENGAN KEPUTUSASAAN DAN MANAJEMEN ASUHAN TERAPI AKTIVITAS KELOMPOK SOSIALISASI SESI I (KEMAMPUAN MEMPERKENALKAN DIRI) DI KELURAHAN PARAK GADANG TIMUR RW 07 AIR CAMAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img] Text (full text)
KARYAILMIAH_FULL WATERMARK_ASTRI WULANDARI SITUMORANG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes masih menjadi penyebab utama kematian ke-9 di dunia. Penyakit Diabetes berlangsung kronis dan seumur hidup yang mengakibatkan perubahan atau keluhan fisik dan psikis pada pasien diabetes salah satunya ialah keputusasaan. Keputusasaan merupakan pernyataan subjektif individu dimana seorang individu melihat keterbatasan atau tidak ada alternative atau pilihan pilihan yang tersedia dan tidak dapat mengatasi masalahnya secara mandiri.Karya ilmiah ini juga bertujuan mengatasi masalah kesehatan jiwa yang ada dimasyarakat, dengan menerapkan manajemen pelayanan Comunity Mental Health Nursing khususnya pada pilar IV yaitu tentang pemberian terapi aktivitas kelompok pada kelompok dengan masalah isolasi sosial di RW 07 Kelurahan Parak Gadang Timur 2018. Pelaksanaan asuhan keperawatan yang dilakukan pada tanggal 19 November sampai 1 Desember 2018 dan manajemen pelayanan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2018. Hasil asuhan keperawatan yang telah dilakukan adalah terjadinya penurunan skala keputusasaan pada pasien dari skore 13 menjadi 10. Pelaksanaan manajemen keperawatan didapatkan hasil peningkatan kemampuan verbal sebesar 1,25 dan peningkatan kemampuan non verbal sebesar 1,5.Hasil karya ilmiah ini diharapkan kepada puskesmas dapat membuat program untuk pasien dengan gangguan jiwa yang melibatkan kader dalam pelaksananaanya. Kata kunci : Diabetes Mellitus, Keputusasaan, Manajemen Asuhan Keperawatan Daftar Pustaka (2002- 2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp.Kep.J
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 18 Jan 2019 10:47
Last Modified: 18 Jan 2019 10:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41276

Actions (login required)

View Item View Item