YOLA, AVISHA PUTRI DANU (2019) KRISIS KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI PT. GO-JEK PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (COVER & ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini, produk bisnis transportasi berbasis aplikasi sangat digemari di kalangan masyarakat. Salah satu produk bisnis transportasi yang dapat dijumpai di smartphone tersebut adalah GO-JEK. GO-JEK yang menyatakan diri sebagai karya anak bangsa bermaksud untuk memajukan bangsa dengan memberi lapangan pekerjaan. Namun saat ini PT GO-JEK memiliki permasalahan yang menimbulkan konflik dengan mitranya, yaitu para driver GO-JEK. Konflik yang berkepanjangan ini terjadi akibat adanya krisis komunikasi yang tidak kunjung diselesaikan oleh kedua belah pihak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memakai konsep komunikasi organisasi yang akan menganalisa bentuk komunikasi organisasi yang ada di PT GO-JEK Padang yang berakibat timbulnya krisis komunikasi. Teori yang digunakan adalah teori Demokrasi Organisasi untuk menganalisa bagaimana komunikasi yang baik dalam sebuah perusahaan atau organisasi untuk menghindari krisis komunikasi, dan Teori Penurunan Kepastian untuk menganalisa kepercayaan driver terhadap organisasi PT GO-JEK Padang. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Konstruktivis, yang mana peneliti ingin mengkonstruksi permasalahan yang ada di PT GO-JEK Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Informan diambil dengan cara purposive sampling. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa terdapat kesalahan komunikasi organisasi yang dilakukan oleh pengelola PT GO-JEK Padang. Yang mana PT GO-JEK Padang menyatakan bahwa driver adalah mitra kerjanya, namun pengelola melupakan hak-hak yang bisa didapatkan driver sebagai mitranya. Penelitian ini juga menemukan bahwa terdapat kecurangan yang dilakukan oleh PT GO-JEK Indonesia yang tidak melakukan komunikasi dua arah kepada mitra kerjanya, dan hanya mewajibkan para driver untuk melakukan tugasnya dan mengabaikan hak-hak dari para driver. Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Krisis Komunikasi, Konflik, PT GO-JEK Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 10:14 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 10:14 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41231 |
Actions (login required)
View Item |