IDENTIFIKASI SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN MONOKULTUR DI KENAGARIAN SIMAWANG KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR

Wena, Agus (2018) IDENTIFIKASI SIFAT FISIKA TANAH PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN MONOKULTUR DI KENAGARIAN SIMAWANG KECAMATAN RAMBATAN KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak dan Cover)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
bab 1-converted.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
bab 5.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian mengenai identifikasi sifat fisika tanah pada beberapa penggunaan lahan monokultur dengan kelerengan 25-45% telah dilaksanakan pada ordo Inceptisol di Kenagarian Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar dari bulan Januari hingga Juli 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sifat fisika tanah pada beberapa penggunaan lahan monokultur di Kenagarian Simawang, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar. Pengambilan sampel berdasarkan metode survei secara purposive random sampling untuk empat penggunaan lahan (hutan sekunder, kebun karet, ubi kayu dan jagung). Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sifat fisika tanah meliputi tekstur, bahan organik, berat volume, total ruang pori, permeabilitas dan indeks stabilitas agregat pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm. Berdasarkan analisis laboratorium diperoleh bahwa pola tanam monokultur berdampak pada sifat fisik tanah. Tekstur tanah bervariasi dari lempung berpasir sampai dengan lempung berliat. Bahan organik tanah tergolong sangat rendah pada setiap penggunaan lahan, kecuali pada lahan hutan kedalaman 0-20 cm (4,10%) dengan kriteria sedang. Berat volume tanah pada setiap penggunaan lahan tergolong sedang sampai sangat tinggi sedangkan total ruang pori tanah tergolong sedang sampai tinngi. Permeabilitas tanah tergolong cepat sampai sangat cepat dengan indeks stabilitas agregat tanah tergolong tidak mantap sampai dengan mantap. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan lahan monokultur di Nagari Simawang berdampak buruk terhadap sifat fisika tanah. Kata kunci : penggunaan lahan, monokultur, sifat fisika tanah, bahan organik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. ADRINAL, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 17 Jan 2019 11:44
Last Modified: 17 Jan 2019 11:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/41033

Actions (login required)

View Item View Item