PELAKSANAAN PROGRAM ANAK LAHIR PULANG BERSAMA AKTA (ALPA BETA) DALAM RANGKA PERCEPATAN PENCATATAN KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Elsa, Haflani (2019) PELAKSANAAN PROGRAM ANAK LAHIR PULANG BERSAMA AKTA (ALPA BETA) DALAM RANGKA PERCEPATAN PENCATATAN KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Updated Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Akta kelahiran merupakan salah satu dokumen terpenting yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat, sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, bahwa setiap anak sejak kelahirannya berhak atas suatu identitas dan status kewarganegaraan. Identitas tersebut dituangkan dalam sebuah akta kelahiran. Namun saat ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran dikarenakan kurangnya kesadaran hukum masyarakat terhadap arti pentingnya akta kelahiran. Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman mengeluarkan sebuah inovasi yang bekerjasama dengan Rumah Sakit Aisyiah Pariaman untuk membantu masyarakat agar dengan cepat mendapatkan dokumen kependudukan. Program ini bernama ALPA BETA (Anak Lahir Pulang Bersama Akta). Program ini dikeluarkan berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program (ALPA BETA) dan bagaimana manfaat dan pengaruh program ini terhadap administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman. Program ini dilaksanakan berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan tertuang dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman dengan Rumah Sakit Aisyiah Pariaman sejak Januari 2018. Program ini diawali dengan diserahkannya dokumen persyaratan penerbitan akta kelahiran oleh pasien dan akan diproses oleh Disdukcapil. AJEK (Antar Jemput Administrasi Kependudukan) akan menjemput dan mengantarkan akta kelahiran tersebut kepada pasien ketika masih di rumah sakit. Program ini juga telah membantu dalam tertib administrasi kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, dan Disdukcapil harus tetap memperbaiki kualitas layanan demi tercapainya pelayanan yang maksimal kepada masyakarat. Kata Kunci : Penerbitan Akta Kelahiran, ALPA BETA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Khairani, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 16 Jan 2019 11:12
Last Modified: 16 Jan 2019 11:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40995

Actions (login required)

View Item View Item