Perancangan Tata Letak dan Fasilitas Pabrik Pengolahan Gula Semut (Studi Kasus : Kelompok Wanita Tani Sakinah, Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam)

WINDI, AULIA DARWIS (2018) Perancangan Tata Letak dan Fasilitas Pabrik Pengolahan Gula Semut (Studi Kasus : Kelompok Wanita Tani Sakinah, Nagari Bukik Batabuah, Kabupaten Agam). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I (awal).pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
3. BAB VI (akhir).pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Nagari Bukik Batabuah merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat penanaman dan pengolahan tebu, dengan salah satu hasil olahannya yaitu gula semut. Gula semut mempunyai beberapa keunggulan, salah satunya dibidang kesehatan bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan gula semut karena mamiliki indeks glikemik yang lebih rendah dari gula pasi, sehingga gula semut dapat dijadikan alternetif untuk mensubtitusikan penggunaan gula pasir bagi penderita diabetes. Kelompok tani yang menjadi perintis pembuatan gula semut di Nagari Bukik Batabuah yaitu KWT Sakinah. Namun KWT Sakinah masih belum dapat menjadi kelompok tani unggulan karena beberapa permasalahan diantaranya mesin, peralatan kerja dan fasilitas masih sederhana, tempat pengolahan yang masih jauh dari kesan bersih dan proses produksi dilakukan pada dua tempat yang berbeda. Permasalah ini menyebabkan KWT Sakinah sulit mendapatkan label halal MUI dan izin BPOM. Pendirian pabrik baru, dirasa dapat menjadi solusi dari pemasalahan yang dihadapi KWT Sakinah. Tahap awal yang dilakukan pada perancangan pabrik yaitu merancang tata letak dan fasilitas pabrik. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif menggunakan algoritma blocplan, dengan layout terpilih yaitu alternatif ketiga karena memiliki R-score tertinggi yaitu 0,83. Hasil rancangan tata letak dan fasilitas pabrik mengashasilkan rancangan berukuran 12,01 m x 9,57 yang terdiri 5 departemen dan 6 fasilitas penunjang pabrik. Kata Kunci : Blocplan, Layout, R-score

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry, PH.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 15 Jan 2019 11:33
Last Modified: 15 Jan 2019 11:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40978

Actions (login required)

View Item View Item