HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TEKANAN DARAH SISWA/I SMA NEGERI 3 KOTA PADANG TAHUN 2015

LIDYA, AMAHERISKA (2016) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN TEKANAN DARAH SISWA/I SMA NEGERI 3 KOTA PADANG TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi full Text)
1304.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Hipertensi pada remaja merupakan masalah kesehatan yang bermakna bukan saja karena prevalensinya yang baru meningkat namun morbiditas dan mortalitas yang diakibatkannya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan status gizi dengan tekanan darah siswa/i SMA 3 kota Padang tahun 2015. Metode Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik yang menggunakan desain cross-sectional, dilakukan dari bulan Maret hingga Juni tahun 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh anak kelas 1 dan 2 yang ada di SMA 3 Kota Padang sebanyak 578 .Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 anak.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Random Sampling.Data dianalisis menggunakan analisis cross-sectional dengan uji Chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan tekanan darah siswa/siswi SMA 3 kota Padang yang tidak normal yaitu 3 % dan status gizi berdasarkan IMT siswa/i SMA 3 kota Padanf yang tidak normal yaitu 13 %. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui bahwa terdapat adanya hubungan antara status gizi dengan tekanan darah dengan p -value = < 0,05 (p-value= 0,02). Kesimpulan Status gizi dapat mempengaruhi tekanan darah, disarankan kepada siswa dan terutama kepada anak SMA untuk mengontrol status gizi dan tekanan darahnya secara teratur sehingga kita dapat melakukan deteksi dini untuk mengetahui tekanan darah dan status gizinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 29 Mar 2016 03:59
Last Modified: 30 Jul 2016 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4093

Actions (login required)

View Item View Item