PENGARUH PEMBERIAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP SIFAT KIMIA DAGING KELINCI LOKAL (Lepus nigricollis)

Jana, Puspita (2018) PENGARUH PEMBERIAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP SIFAT KIMIA DAGING KELINCI LOKAL (Lepus nigricollis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN DAUN PAITAN (Tithonia diversifolia) SEBAGAI PAKAN SUPLEMEN TERHADAP SIFAT KIMIA DAGING KELINCI LOKAL (Lepus nigricoliis) Jana Puspita, dibawah bimbingan Dr. Ir. Hj. Elly Roza, MS dan Prof. Dr. Ir. Salam N Aritonang, MS Bagian Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat kimia (kadar air, protein, lemak, dan pH) daging kelinci Lokal (Lepus nigricoliis) dengan pemberian pakan suplemen daun paitan (Tithonia diversifolia). Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelinci lokal jantan sebanyak 20 ekor dengan bobot badan ± 700-900 g. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penambahan daun paitan (Tithonia diversifolia) dalam ransum sebanyak : A:0%, B:3%, C:6%, D:9%, E:12% dari hijauan yang diberikan. Peubah yang diamati yaitu kadar air, protein, lemak dan pH daging. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif yang dinyatakan dengan rata-rata hitung dan standar deviasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian daun Tithonia diversifolia dapat meningkatkan kadar protein dan lemak daging namun menurunkan kadar air dan tidak berpengaruh terhadap nilai pH daging kelinci lokal. Berdasarkan hasil Penelitian disimpulkan bahwa pemberian daun Tithonia diversifolia dapat diberikan sebagai pakan suplemen pada ternak sebanyak 12 % dari hijauan dan memberikan hasil yang terbaik terhadap kualitas kimia daging kelinci lokal. Kata kunci: Kadar air, kadar lemak, kadar protein, kelinci lokal, nilai pH, Tithonia diversifolia

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Elly Roza,MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 11 Jan 2019 14:36
Last Modified: 11 Jan 2019 14:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40929

Actions (login required)

View Item View Item