Peningkatan Tingkat Kesiapterapan Teknologi Sistem Informasi Geografis Rumah Makan, Tempat Ibadah, Dan Souvenir Sebagai Pendukung Pariwisata Di Kota Bukittinggi

Widya, Wulandari (2018) Peningkatan Tingkat Kesiapterapan Teknologi Sistem Informasi Geografis Rumah Makan, Tempat Ibadah, Dan Souvenir Sebagai Pendukung Pariwisata Di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
Tugas Akhir Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Bukittinggi merupakan salah satu kota destinasi pariwisata yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Daya tarik di Kota Bukittinggi ialah daya tarik wisata kuliner dan souvenir berupa tenunan, sulaman, bordiran, dam beraneka sanjai khas Bukittinggi. Untuk menunjangnya sebagai kota destinasi pariwisata, Bukittinggi telah dilengkapi dengan masjid dan mushalla yang digunakan untuk tempat beribadah wisatawan ketika melakukan pariwisata. Chairunnisa (2017) telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Geografis Souvenir dan aplikasi Sistem Informasi Geografis Kuliner yang selanjutnya disebut dengan SIG Rumah Makan, dan Yuliani (2017) juga telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Geografis Tempat Ibadah. Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan wisatawan dalam mencari rumah makan, tempat ibadah, dan souvenir ketika sedang berpariwisata di Kota Bukittinggi. Namun aplikasi ini belum diuji dalam lingkungan yang relevan, yaitu di Kota Bukittinggi, dan komponen/subsistem aplikasi masih berada dalan lingkungan laboratorium. Sehingga belum diketahui validitas data maupun masalah dan kendala yang terdapat pada aplikasi jika diuji cobakan langsung oleh pengguna di lingkungan yang relevan, yaitu di Kota Bukittinggi. Aplikasi ini harus memiliki kesiapan dan kematangan aplikasi yang layak agar dapat dipergunakan secara maksimal tanpa adanya masalah dan kendala ketika dicobakan di Kota Bukittinggi. Peningkatan tingkat kesiapterapan teknologi pada aplikasi SIG Rumah Makan, Tempat Ibadah, dan Souvenir sebagai pendukung pariwisata di Kota Bukittinggi ini dilakukan dengan melakukan validasi perangkat lunak ketiga aplikasi sesuai dengan indikator pengujian TKT pada riset terapan yaitu level 4 s/d level 6, melakukan perbaikan terhadap fungsional yang tidak dapat berjalan sesuai dengan rancangan seperti tidak dapat menampilkan rute google maps dari posisi pengguna menuju objek wisata, memperbaiki fungsi yang tidak berjalan, dan melakukan perbaikan terhadap antarmuka pengguna. Pada ketiga aplikasi ini juga dilakukan pengembangan agar aplikasi lebih optimal ketika digunakan oleh pengguna berupa penambahan fungsi register dan verifikasi akun pelanggan, menampilkan detail informasi objek wisata, menambahkan tinjauan/review pelanggan terhadap objek wisata, menambahkan informasi tambahan pada laman admin, dan mengelola pengguna pada aplikasi. Aplikasi SIG Rumah Makan, SIG Tempat Ibadah, dan SIG Souvenir telah siap untuk diterapkan di Kota Bukittinggi dan dapat digunakan oleh pengguna/wisatawan tanpa adanya masalah dan kendala. Ketiga aplikasi ini dinyatakan telah berada pada Tingkat Kesiapterapan Teknologi level 6 dan dapat diakses pada laman https://gissurya.org. Kata kunci: Tingkat Kesiapterapan Teknologi, Pariwisata, Kota Bukittinggi, Rumah Makan, Tempat Ibadah, Souvenir, Sistem Informasi Geografis, Web, Pengujian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Surya Afnarius, Ph.D
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 16 Jan 2019 12:02
Last Modified: 16 Jan 2019 12:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40865

Actions (login required)

View Item View Item