RANCANGAN KONSEPTUAL PERSONAL ESCAPE-CAPSULE SEBAGAI ALAT EVAKUASI PENUMPANG PESAWAT PRIBADI

RYAN, ADAM MAULANA (2016) RANCANGAN KONSEPTUAL PERSONAL ESCAPE-CAPSULE SEBAGAI ALAT EVAKUASI PENUMPANG PESAWAT PRIBADI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (TA Fulltext)
1416.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jumlah pengguna jasa transportasi udara di Indonesia mengalami fluktuasi yang mengarah pada pertumbuhan yang cukup meningkat. Maskapai penerbangan saling bersaing untuk memberikan kualitas pelayanan bagi penumpang pesawat dalam hal keselamatan penumpang (safety is the first), kenyamanan (comfortable), dan tepat waktu (on-time schedule). Namun dibalik pertumbuhan jumlah penumpang pesawat, fakta juga menunjukan bahwa kecelakaan pesawat terbang tidak dapat dielakan. Kecelakaan pesawat terbang merupakan sebuah kejadian yang tidak dapat dipastikan (uncertainty event) yang mempengaruhi kondisi penerbangan dan juga dapat mengancam nyawa penumpang pesawat. Untuk itu, industri penerbangan seharusnya memikirkan bagaimana mengurangi ketidakpastian yang dapat mengancam nyawa penumpang pesawat di masa depan berdasarkan kejadian kecelakaan pesawat terdahulu. Salah satu faktor yang dapat membahayakan proses penerbangan adalah hilangya kontrol kemudi pesawat akibat kondisi stall. Saat kondisi stall terjadi dan pilot tidak mampu mengontrol atau bahkan menjadikan posisi pesawat kembali normal (keadaan aman), pesawat akan jatuh bebas dari ketinggian yang memungkinkan terjadinya kecelakaan pesawat. Jika pesawat terbang jatuh bebas dari ketinggian, kondisi ini dapat mengancam nyawa penumpang yang berujung pada kematian. Pengurangan ketidakpastian untuk semua keadaan malfungsi penerbangan merupakan perbaikan berkelanjutan. Maka dari itu, seorang insinyur harus mempelajari dan mencari cara untuk meningkatkan keselamatan nyawa penumpang yang menjadi prioritas utama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain konseptual Escape-Capsule sebagai alat evakuasi penumpang ketika terjadinya malfungsi pesawat terbang pribadi akibat kondisi stall. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quality Function Deployment (QFD) untuk mengetahui karakteristik kebutuhan konsumen terhadap rancangan Escape- Capsule dalam mengevakuasi penumpang pesawat. Berdasarkan hasil observasi, diperoleh 6 aspek dimensi kualitas perancangan Escape-Capsule yang menghasilkan 20 karakteristik kebutuhan konsumen. Karakteristik kebutuhan konsumen tersebut akan diterjemahkan untuk menghasilkan karakteristik desain dengan menggunakan metode QFD. Karakteristik desain yang akan dijadikan sebagai acuan perancangan Escape-Capsule sebanyak 13 karakteristik. Berdasarkan analisis biomekanika, diperoleh bahwa perkiraan gaya impak yang akan bekerja pada L5/S1 penumpang pesawat pada saat pendaratan darurat sebesar 447.38 – 623.34 N yang mana lebih kecil dari gaya impak maksimum yang dikeluarkan NIOSH untuk L5/S1 yaitu sebesar 6500 N. Nilai Drag Coefficient yang diperoleh dari analisis aerodinamika sebesar 0.744 – 0.757 yang menunjukan Escape-Capsule mampu melawan arah angin relatif. Kata Kunci: Keselamatan Penumpang, Kondisi Stall, Escape-Capsule, QFD, Gaya Impak, Drag Coefficient

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 29 Mar 2016 03:33
Last Modified: 29 Mar 2016 03:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item