PERANAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR DI KOTA PADANG (Studi Kasus Wilayah Hukum Polresta Padang)

Prima, Asvendo (2018) PERANAN KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DALAM MENANGGULANGI TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG DILAKUKAN OLEH GENG MOTOR DI KOTA PADANG (Studi Kasus Wilayah Hukum Polresta Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pengroyokan yang dilakukan oleh geng motor merupakan tindak pidana yang menonjol dan mendominasi angka kriminalitas di berbagai wilayah Sumatera Barat termasuk di wilayah Kota Padang yang mendapatkan perhatian serius oleh Pemerintah Kota Padang beserta aparat yakni Polres Kota Padang. Tindak pidana pengroyokan geng motor adalah kejahatan terhadap orang atau barang yang dilakukan secara bersama-sama yang dapat menimbulkan luka tubuh bagi korban dan rasa tidak aman. Peristiwa tersebut sangat menggangu tatanan norma dalam kehidupan masyarakat, karena masyarakat ingin hidup aman dan jauh dari segala tindak pidana yang dapat menggangu rasa aman dari masyarakat tersebut, Maka perlunya aparat penegak hukum terutama Kepolisian dalam menanggulangi maraknya tindak pidana pengroyokan geng motor tersebut demi terjaganya keamanan dan tertib hukum dalam kehidupan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apa saja bentuk bentuk upaya penanggulangan yang dilakukan oleh Satreskrim Polres Kota Padang. Lalu apa kendala kepolisian dalam upaya penanggulangan tersebut dan bagaimana kepolisian mengatasi kendala yang ditemui. Penelitian menggunakan metode yuridis-empiris, yaitu penelitian lapangan untuk memperoleh data primer dan sekunder berupa buku, dokumen dan hasil wawancara dengan narasumber terkait skripsi ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, Bentuk upaya penanggulangan yang dilakukan Polres Kota Padang yakni dengan cara preventif dan represif. Kendala yang dihadapi: tidak ada saksi yang melihat, kurang alat bukti, masyarakat lambat melapor

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 09 Jan 2019 16:21
Last Modified: 09 Jan 2019 16:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40808

Actions (login required)

View Item View Item