SIKAP DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (Entrepreneurship) PETERNAK AYAM RAS PETELUR DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN

YONITA, HEKSAYANI (2018) SIKAP DAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (Entrepreneurship) PETERNAK AYAM RAS PETELUR DAN HUBUNGANNYA TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA DI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN RINGKASAN)
01. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
02. BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT TESIS)
05. FULL TEXT TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ayam ras petelur merupakan salah satu jenis ternak yang perkembangannya cukup pesat seiring dengan kemajuan pengetahuan dan teknologi untuk pemeliharaannya. Kabupaten Pesisir Selatan sangat potensial untuk memenuhi kebutuhan pakan ayam ras petelur terutama karena tingginya produksi jagung yang merupakan komponen utama pakan unggas. Pada tahun 2015 Kabupaten Pesisir Selatan memproduksi 108.894 Ton jagung (Pesisir Selatan Dalam Angka 2016). Jika dibandingkan dengan kebutuhan jagung untuk seluruh populasi ayam ras petelur di tahun yang sama, maka masih terdapat kelebihan jagung. Kondisi yang demikian dapat dilihat sebagai faktor penunjang untuk pengembangan usaha ternak unggas di Kabupaten Pesisir Selatan ini. Berbagai faktor mempengaruhi perkembangan usaha, diantaranya harus dikendalikan oleh sumber daya manusia (SDM). Hal ini sesuai dengan pendapat Joesron (2005), kualitas sumber daya manusia adalah potensi, kekuatan, ataupun kemampuan yang ada dalam diri manusia yang menentukan sikap dan kualitas manusia untuk dapat berprestasi dan menjadikan organisasinya tetap hidup dan berjalan. Sumber daya manusia yang mampu berinovasi dan melihat potensi serta mensinergikan potensi yang ada tersebut. Masing-masing faktor saling berinteraksi untuk membentuk keberhasilan peternak dalam menuju usaha yang berprofit tinggi. Sikap dan perilaku pelaku usaha (peternak) merupakan hal yang mendukung keberhasilan usaha peternak ayam ras petelur dan merupakan modal awal untuk mengembangkan sebuah usaha. Sikap dan perilaku yang memenuhi karakteristik seorang wirausaha dapat disebut dengan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap dan perilaku kewirausahaan (entrepreneurship) peternak ayam ras petelur di Kabupaten Pesisir Selatan dan untuk mengetahui hubungan antara sikap dan perilaku kewirausahaan (entrepreneurship) peternak dengan perkembangan usaha ayam ras petelur yang dikelolanya di Kabupaten Pesisir Selatan. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan perilaku kewirausahaan (entrepreneurship) peternak ayam ras petelur di Kabupaten Pesisir Selatan rata-rata termasuk kedalam kategori mendukung. Selanjutnya dari hasil penelitian ini juga didapatkan bahwa terdapat hubungn yang signifikan antara sikap dam perilaku kewirausahaan (entrepreneurship) peternak dengan perkembangan usaha ayam ras petelur yang dikelolanya di Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi sikap dan perilaku peternak maka semakin tinggi pula perkembangan usaha, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: PROF. DR. IR. ASDI AGUSTAR. M.SC
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu ternak
Date Deposited: 03 Jan 2019 16:07
Last Modified: 03 Jan 2019 16:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40795

Actions (login required)

View Item View Item