PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG TIDAK TERCANTUM NAMA AYAH DALAM AKTA KELAHIRAN (STUDY KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB. TANAH DATAR)

Umul, Karima (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG TIDAK TERCANTUM NAMA AYAH DALAM AKTA KELAHIRAN (STUDY KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB. TANAH DATAR). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkawinan merupakan kebutuhan manusia untuk berkeluarga dan membentuk keluarga yang kekal abadi. Indonesia sebagai negara hukum mengatur tentang perkawinan dalam Undang-Undang Nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Suatu perkawinan tidak dapat dikatakan sempurna apabila belum di karunai anak. Anak merupakan amanah dan anugrah yang diberikan Allah kepada setiap manusia dalam perkawinan,Undang-undang Perkawinan, mengenal dua macam status anak yaitu anak sah dan anak luar kawin. Seorang anak berhak untuk mendapatkan akta kelahiran baik itu anak sah maupun anak di luar kawin. Pencatatan terhadap kelahiran seorang anak sangat penting ini dikuatkan oleh Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak, dalam Pasal 5. Dalam Pasal 45 Undang-undang Perkawinan menentukan bahwa orang tua wajib memelihara dan mendidik anak sampai anak-anak tersebut dewasa. Orang tua juga merupakan orang yang pertama bertanggung jawab atas terwujudnya kesejahteraan anak baik rohani, jasmani maupun sosial. Berdasarkan hal tersebut, Penulis tertarik mengkajinya dan menuangkannya dalam sebuah tesis. Berdasarkan hal tersebut, penulis kemudian tertarik untuk melakukan penelitian tentang Bagaimana Perlindungan Hukum Terhadap Anak Yang Tidak Tercantum Nama Ayah Dalam Akta Kelahiran dan Apa Akibat Hukum Terhadap Anak Yang Tidak Tercantum Nama Ayah Dalam Akta Kelahiran, Penulisan tesis ini menggunakan metode pendekatan masalah bersifat yuridis empiris yang menekankan pada kenyataan di lapangan dikaitkan dengan aspek hukum atau perundang-undangan yang berlaku berkenaan dengan objek penelitian .Untuk mendapatkan hak-hak anak yang tidak mencantukan nama ayah dalam akta kelahiran bagi orang tua yang telah mendaftarkan akta kelahiran anaknya pada kantor catatan sipil, beberapa orang tua melakukan itsbat nikah yang mana alasan utama para pemohon mengajukan permohonan itsbat nikah ke Pengadilan Agama adalah dalam rangka pengurusan Akta Kelahiran anak-anak mereka di samping untuk mendapatkan kepastian hukum perkawinan para pemohon itu sendiri. Akibat hukum dari akta kelahiran yang tidak mencantumkan nama ayah adalah hilangnnya hak perdata anak dari ayah. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Anak Luar Kawin, Akta kelahiran.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr.H. YASWIRMAN, M.A
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu hukum
Date Deposited: 20 Dec 2018 15:57
Last Modified: 20 Dec 2018 15:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40722

Actions (login required)

View Item View Item