Hubungan Sleep Hygiene dengan Hasil Belajar Blok Pada Mahasiswa Tahap Akademik Fakultas Kedokteran

Tiara, Mardalifa (2018) Hubungan Sleep Hygiene dengan Hasil Belajar Blok Pada Mahasiswa Tahap Akademik Fakultas Kedokteran. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER +abstrak.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
BAB akhir (Kesimpulan dan Saran).pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
full text eskripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mahasiswa kedokteran merupakan kelompok yang paling rentan mengalami gangguan tidur, dimana hal ini dapat menurunkan pencapaian akademik dan mengganggu kesehatan serta mood individu. Sleep hygiene yang tidak benar merupakan salah satu penyebabnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara sleep hygiene dengan hasil belajar blok pada mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain potong lintang. Responden penelitian adalah 65 orang mahasiswa tahun ketiga Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas yang mengikuti ujian blok gangguan urogenital dan bersedia menjadi responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner Sleep Hygiene Index (SHI) yang telah divalidasi dengan kategori baik (skor 13-27), sedang (skor 28-40), dan buruk (41-65). Hasil belajar diambil dari nilai ujian blok dengan kategori baik (skor≥70) dan kurang baik (skor<70). Data dianalisis menggunakan uji bivariat Fisher’s exact. Hasil penelitian menunjukkan 51 orang (78,5%) adalah perempuan dan 14 orang (21,5%) adalah laki-laki. Usia terbanyak adalah 20 tahun (67,7%) dan paling sedikit 17 tahun (1,5%) dan 18 tahun (1,5%). Tingkat sleep hygiene 52 orang sedang (80%) dan 1 orang (1,5%) buruk. Tingkat hasil belajar 54 orang (83,1%) kurang baik. Sebanyak 46 orang memiliki sleep hygiene sedang-buruk dan hasil belajar buruk. Analisis bivariat menunjukkan nilai p=0,194 (p>0,05), dimana tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sleep hygiene dengan hasil belajar blok pada mahasiswa tahap akademik Fakultas Kedokteran. Dapat disimpulkan, sebagian besar tingkat sleep hygiene dan hasil belajar mahasiswa kedokteran tidak adekuat. Oleh karena itu, edukasi sleep hygiene perlu direkomendasikan untuk mencapai kualitas tidur yang lebih baik serta meningkatkan pencapaian akademik. Kata kunci : Sleep hygiene, Mahasiswa kedokteran, Pencapaian akademik, Performa akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Yulistini, M.Med.Ed
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 10 Dec 2018 11:47
Last Modified: 10 Dec 2018 11:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40667

Actions (login required)

View Item View Item