PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME PADA RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN VITRO

Khalil, Sabarina (2018) PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME PADA RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DI TANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
3. Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
5. Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN BISOZYME PADA RUMPUT GAJAH (Pennisetum purpureum) cv. TAIWAN DITANAH ULTISOL PADA PEMOTONGAN KEDUA TERHADAP KECERNAAN BAHAN KERING, BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR SECARA IN VITRO Khalil Sabarina, di bawah bimbingan Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr. dan Ir. Erpomen, MP. Bagian Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Bisozyme terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan secara in-vitro yang ditanam di tanah ultisol pada pemotongan kedua dibandingkan dengan penggunaan pupuk kimia. Penelitian ini menggunakan 5 sampel rumput gajah cv. Taiwan yang sudah dipanen dari UPT Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode rancangan acak kelompok (RAK), dengan 5 perlakuan 3 ulangan, perlakuan yaitu : P0 (Pupuk Kandang + NPK), P1 (Bisozyme), P2 (Bisozyme + Pupuk Kandang), P3 (Bisozyme + NPK) P4 (Biszyme + Pupuk Kandang + NPK). Hasil analisis menunjukkan bahwa pemberian Bisozyme memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar tanaman rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan di tanah ulisol pada pemotongan kedua. Kecernaan bahan kering berkisar dari 55,08% (P2) sampai 57,34% (P4), kecernaan bahan organik berkisar dari 56,11% (P0) sampai 57,71% (P4) dan kecernaan protein kasar berkisar dari 54,02% (P2) sampai 62,07% (P4). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian Bisozyme saja pada rumput Gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan yang ditanam di lahan ultisol pada pemotongan kedua dapat memberikan nilai kecernaan bahan kering, bahan organik dan protein kasar yang relatif sama dengan pemberian pupuk kimia serta bersifat organik. Kata Kunci : Bisozyme, kecernaan bahan kering, kecernaan bahan organik, kecernaan protein kasar, rumput gajah (Pennisetum purpureum) cv. Taiwan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Evitayani, S.Pt., M.Agr
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2018 10:28
Last Modified: 02 Nov 2018 10:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40505

Actions (login required)

View Item View Item