Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Persona Hygiene dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) pada Anak Usia Sekolah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Nugraha, Teguh Imana (2018) Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Persona Hygiene dengan Infeksi Soil Transmitted Helminths (STH) pada Anak Usia Sekolah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Infeksi Soil Transmitted Helminths merupakan salah satu permasalahan kesehatan masyarakat di Indonesia. Keadaan sanitasi lingkungan dan personal hygiene yang buruk, merupakan dua faktor utama penyebab penyakit ini. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya pemberantasan, namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat Indonesia yang menderita penyakit ini terutama di kalangan anak usia sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara sanitasi lingkungan dan personal hygiene yaitu kebiasaan mencuci tangan, kebersihan kuku, dan penggunaan alas kaki dengan infeksi Soil Transmitted Helminths (STH). Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan metode cross-sectional pada anak usia sekolah yang merupakan siswa TK Siaga dan SDN 48 Ganting kelas I di Kecamatan Koto Tangah sebanyak 61 orang yang dilaksanakan pada bulan Februari sampai Agustus 2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian adalah kuesioner (pedoman wawancara) dan alat pemeriksaan laboratorium (parasitologi). Analisa data menggunakan metode Chi-square Test dengan derajat kepercayaan (CI) 95%. Hasil penelitian menunjukkan angka infeksi STH sebesar 4.9%, dengan rincian infeksi A.lumbricodes 4.9%, infeksi T.trichiura 1.6% dan infeksi cacing tambang 0%. Dari hasil uji statistic didapatkan nilai probabilitas untuk hubungan variabel sanitasi lingkungan, kebiasaan mencuci tangan, kebersihan kuku, dan penggunaan alas dengan infeksi STH masing – masing sebesar 0.551, 0.455, 0.226, dan 0.100. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara sanitasi lingkungan dan personal hygiene (kebiasaan mencuci tangan, kebersihan kuku, dan penggunaan alas kaki) dengan infeksi STH pada anak usia sekolah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Kata kunci : Soil Transmitted Helminths, sanitasi lingkungan, personal hygiene.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rima Semiarty, MARS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 26 Oct 2018 17:08
Last Modified: 26 Oct 2018 17:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40408

Actions (login required)

View Item View Item