PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PADANG PARIAMAN

DORI, FANALDO (2018) PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
3. BAB VI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTRA PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5. TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan hak bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang telah diatur dalam UUD 1945 pasal 28H ayat (1), bahwa setiap orang berhak memperoleh kesehatan. Ketersediaan pelayanan yang merata, bermutu dan berorientasi pada kepuasan pasien merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh rumah sakit, hal tersebut dapat dicapai apabila rumah sakit memiliki kinerja yang baik yaitu yang memiliki dana yang memadai, memiliki sumberdaya yang bermutu dan professional, dan memiliki fasilitas yang memadai. RSUD Padang Pariaman merupakan salah satu badan pelayanan kesehatan yang terdapat di Sumatera Barat. Saat ini RSUD Padang Pariaman memiliki kinerja yang belum baik. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator mutu pelayanan yang belum mencapai standar yaitu Bed Occupancy Rate (BOR) pada tahun 2016 dan 2017 tidak mencapai standar yang ada yaitu (60-85%). RSUD Padang Pariaman juga belum memiliki sistem pengukuran kinerja yang komprehensif, saat ini hanya mengandalkan indikator pelayanan mutu dan kinerja keuangan rumah sakit saja, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengukuran kinerja rumah sakit menggunakan metode Balanced Scorecard. Hasil perancangan sistem pengukuran kinerja RSUD Padang Pariaman terdiri dari 24 KPI yang terdiri dari 5 KPI pada perspektif keuangan, 3 KPI pada perspektif pelanggan, 10 KPI perspektif proses bisinis internal, dan 6 KPI pada perspektif petumbuhan dan pembelajaran. KPI yang memiliki prioritas tertinggi yaitu KPI kepuasan pelanggan dengan bobot 0,2613 dan KPI dengan prioritas terendah yaitu inovasi dengan bobot 0,01. Hasil pengukuran kinerja RSUD Padang Pariaman yaitu 3,127 (Baik). Secara keseluruhan nilai tersebut berada pada kriteria baik namun masih terdapat lima KPI yang memiliki kinerja yang belum mencapai standar yaitu rasio efisiensi (F2), BOR (IB5), BTO (IB6), TOI (IB7), dan ketidakhadiran (LG4). Usulan perbaikan yang diberikan untuk meningkatkan kinerja RSUD Padang Pariaman adalah optimaliasasi belanja rumah sakit, meningkatkan fasilitas ruang rawat inap yang menunjang kenyamanan, meningkatkan kejelasan penyampaian informasi dan kecepatan pelayanan dengan mengadakan pelatihan komunikasi interpersonal, meningkatkan kepuasan pegawai dengan pemberian reward (hadiah) kepada pegawai, dan mengoptimalkan sistem absensi elektronik dan pemberian hukuman bedasarkan pelanggaran kehadiran yang dilakukan pegawai. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Mutu Pelayanan, Pengukuran Kinerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: ELITA AMRINA Ph.D, IPM
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 26 Oct 2018 15:04
Last Modified: 26 Oct 2018 15:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40400

Actions (login required)

View Item View Item