USULAN RUTE PENGIRIMAN PRODUK MINYAK SARI MURNI DI PT INCASI RAYA

NURUL, AFIFAH USMAN (2015) USULAN RUTE PENGIRIMAN PRODUK MINYAK SARI MURNI DI PT INCASI RAYA. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201507271256th_nurul afifah usman 1110932067.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PT Incasi Raya Padang merupakan perusahaan manufaktur yang salah satunya memproduksi produk minyak goreng kemasan Sari Murni. Dalam proses pengiriman produk, perusahaan menyediakan 8 unit mobil untuk konsumen yang melakukan pemesanan. Saat pengiriman, beberapa konsumen dapat disatukan tergantung jarak dan jumlah permintaan konsumen tersebut. Namun sampai saat ini proses pengiriman produk pada kapasitas angkut belum terlalu diperhatikan oleh perusahaan. Maka tak jarang, kapasitas angkut dalam 1 mobil masih banyak yang berlebih. Hal ini terlihat pada ratarata utilitas kapasitas angkut yang hanya 65%. Rute pengiriman yang masih belum teratur ini juga menyebabkan mobil bolak-balik perusahaan untuk melakukan pengiriman ke konsumen lain. Penelitian ini merancang rute pengiriman produk minyak goreng Sari Murni yang menerapkan model VRP (Vehicle Routing Problems) dengan mempertimbangkan kendala kapasitas mobil angkut (Capasitated VRP, CVRP). Metode VRP yang digunakan untuk pemilihan rute ini adalah Clarke-Wright Savings Method dan Fisher and Jaikumar Algorithm. Pada prinsipnya, kedua metode memiliki tujuan yang sama yaitu membuat rancangan rute dengan meminimumkan jarak atau waktu atau biaya. Namun, perbedaan dari kedua metode terletak pada metodologinya, dimana metode Fisher and Jaikumar Algorithm lebih cenderung subjektif ketimbang metode Clarke-Wright Savings. Hal ini nantinya yang akan mempengaruhi untuk memilih usulan rute dari kedua metode yang memiliki jarak, waktu, dan biaya paling minimal. Berdasarkan hasil pengolahan data, dipilih rute usulan yang optimal yaitu rute dengan menggunakan metode Clarke-Wright Savings. Metode ini menghasilkan peningkatan utilitas sebesar 23,02% dari rute aktual. Total jarak yang ditempuh dibandingkan metode lainnya dan rute aktual adalah yang paling minimum yaitu 1164,20 km dengan jumlah rute sebanyak 10 rute. Selanjutnya untuk waktu distribusi diperoleh penghematan waktu sebanyak 21,47% dibandingkan rute aktual. Berdasarkan total biaya distribusi didapatkan penghematan biaya sebesar 31,39% dibandingkan rute aktual. Analisis sensitivitas dilakukan pada rute usulan ini terhadap perubahan permintaan dan diperoleh bahwa jika terjadi peningkatan permintaan sebesar 4%, maka rute usulan ini tidak dapat digunakan lagi. Hal ini karena rata-rata utilitas kapasitas alat angkut yang tinggi yaitu 88,02%. Sehingga banyak dari rute memiliki kapasitas yang hampir mendekati kapasitas maksimum alat angkutnya. Kata Kunci : Clarke-Wright Savings Method, Fisher and Jaikumar Algorithm, Rute Optimal, dan VRP (Vehicle Routing Problems)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: Ms Ikmal Fitriyani Alfiah
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:33
Last Modified: 04 Feb 2016 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/404

Actions (login required)

View Item View Item