PENGARUH PEMBERIAN TEMULAWAK ( Curcuma xanthorriza Roxb) DAN MINERAL ZINK TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER YANG MENGALAMI CEKAMAN PANAS

Syifa, Nabila (2018) PENGARUH PEMBERIAN TEMULAWAK ( Curcuma xanthorriza Roxb) DAN MINERAL ZINK TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER YANG MENGALAMI CEKAMAN PANAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
2. bab 1 pendahuluan.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
3. penutup.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. dapus.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (skripsifull)
5. Skripsifull.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEMULAWAK ( Curcuma xanthorriza Roxb) DAN MINERAL ZINK TERHADAP PERFORMANS AYAM BROILER YANG MENGALAMI CEKAMAN PANAS SYIFA NABILA, dibawah bimbingan Dr.Ir.Hj.Tertia Delia Nova,MSi dan Ir.H. Rijal Zein,MS Bagian Teknologi dan Produksi Ternak Fakultas PeternakanUniversitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) dan mineral zink terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum, dan konsumsi minum pada ayam broiler yang mengalami cekaman panas. Penelitian ini menggunakan 80 ekor ayam broiler yang ditempatkan dalam kandang sebanyak 20 unit masing-masing dengan ukuran ( P x L x T ) 70 x 70 x 60 cm/unit . Tiap-tiap unit diisi 4 ekor ayam yang dilengkapi dengan tempat pakan dan tempat minum. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan yaitu A (Tanpa temulawak dan mineral zink),B( temulawak 1% + zink 40 ppm dalam air minum),C (tepung temulawak 2% + zink 40 ppm dalam air minum),D (temulawak 3% + zink 40 ppm dalam air minum). Peubah yang diamati ialah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum dan konsumsi minum.Berdasarkan hasil penelitian Konsumsi Ransum penelitian berkisar antara 805,29 - 770,18 gram/ekor/minggu, Pertambahan Bobot badan penelitian 406,31-453,78 g/ekor/minggu, Konversi Ransum penelitian rata- rata 1,83 dengan temulawak dosis sampai dengan 3% (perlakuan D), dan Konsumsi Minum berkisar antara 1220,66-1337,00 ml/minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) dan mineral zink ( ZnO) Tidak berpengaruh nyata ( P>0,05) terhadap Konsumsi ransum,Pertambahan bobot badan,Konversi ransum, dan Konsumsi minum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan Temulawak sampai dengan 3% dan mineral zink 40 ppm belum mampu meningkatkan performans Ayam broiler yang mengalami cekaman panas. Kata Kunci : Ayam Broiler, Cekaman Panas ,Performans, Mineral zink, Temulawak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Hj.Tertia Delia Nova,MSi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 26 Oct 2018 10:04
Last Modified: 26 Oct 2018 10:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40311

Actions (login required)

View Item View Item