Pengaruh beberapa jenis ransum komersil dan non komersil terhadap berat badan, intake energi dan persentase lemak abdomen itik kamang jantan umur 12 minggu

luvi, silvia (2018) Pengaruh beberapa jenis ransum komersil dan non komersil terhadap berat badan, intake energi dan persentase lemak abdomen itik kamang jantan umur 12 minggu. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1 upload.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
Bab 5 upload.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Dapus upload.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
ls.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
full ls.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH BEBERAPA JENIS RANSUM KOMERSIL DAN NON KOMERSIL TERHADAP BERAT BADAN AKHIR, INTAKE ENERGI DAN PERSENTASE LEMAK ABDOMEN ITIK KAMANG JANTAN UMUR 12 MINGGU Luvi Silvia dibawah bimbingan Dr.Ir. Sabrina, MP dan Prof. Dr. Ir. Hj. Husmaini, MP Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai macam ransum komersil dan non komersil terhadap berat badan akhir, intake energi, dan persentase lemak abdomen itik Kamang jantan umur 12 minggu. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOD itik Kamang jantan yang ditempatkan pada 20 unit kandang boks dengan ukuran masing-masing (75x60x50cm). Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 perlakuan dan 5 kelompok sebagai ulangan, pengelompokkan berdasarkan berat badan awal. Perlakuan yang diberikan adalah ransum komersil dengan kode A,B,C dan ransum non komersil dengan kode D. Peubah yang diamati adalah berat badan akhir, intake energi dan persentase lemak abdomen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata (P<0.05) perlakuan ransum komersil dan non komersil terhadap intake energi itik Kamang jantan umur 12 minggu, dan perlakuan menunjukkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap pesentase lemak abdomen itik Kamang jantan umur 12 minggu. Namun perlakuan ransum komersil dan non komersil menunjukkan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap berat badan akhir. Ransum terbaik terhadap berat badan akhir yaitu ransum komersil A pada umur 12 minggu dengan rata-rata 1780,800 g. Kata Kunci : Berat Badan Akhir, Intake Energi, Persentase Lemak Abdomen, Ransum Komersil Dan Ransum Non Komersil, Itik Kamang Jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Sabrina, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2018 16:59
Last Modified: 24 Oct 2018 16:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40213

Actions (login required)

View Item View Item