Pengembangan Sumber Daya Guru Honor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Adabiah Padang,

Yulia, Hanoselina (2015) Pengembangan Sumber Daya Guru Honor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Adabiah Padang,. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
68.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan sumber daya guru honor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Adabiah Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal diantaranya adalah, banyaknya guru honor daripada guru tetap yayasan dan guru PNS DPK , masih banyaknya guru honor yang belum memiliki pengalaman, masih kurangnya pengembangan dan pelatihan yang dimiliki karena keterbatasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan purposive sampling. Triangulasi data yang peneliti lakukan adalah dengan pengecekan data kepada pengelola. Penelitian ini menggunakan teori metode pengembangan sumber daya manusia yang dikemukakan oleh Malayu S.P Hasibuan. Berdasarkan teori yang peneliti gunakan, ada 2 metode pengembangan SDM yang terdiri dari : Metode pelatihan atau training dan metode pendidikan atau education jadi seluruhnya berjumlah 12 indikator. Apabila lebih dari setengah jumlah dari keseluruhan indikator terlaksana, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan sumber daya guru honor sudah sebagian besar dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan sumber daya guru honor dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMA Adabiah Padang sebagian besar sudah dilakukan dalam pengembangan kepada guru honor. Dilihat dari adanya pemberian ceramah dan briefing, adanya studi kasus serta adanya rapat dari kepala sekolah kepada guru honor adanya perpindahan atau perputaran (rotasi) mengajar pada tingkatan kelas yang berbeda secara periode, adanya melakukan diskusi dan pembinaan dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, adanya Kelompok Kerja Guru (KKG) secara internal dan Majelis Guru Mata Pelajaran (MGMP) secara eksternal untuk membantu berdiskusi dan bertukar pikiran antara sesama guru satu sama lain, adanya pelatih khusus yang bekerja sama untuk mengembangkan guru honor yaitu LPMP dan Dinas Pendidikan dan adanya guru honor yang mengikuti kursus dan pelatihan khusus diluar sekolah untuk menambah pengetahuan dan pengembangan terhadap keahlian dan keterampilan serta adanya metode diskusi yang dilakukan antara semua guru honor. Kata Kunci : Pengembangan Sumber Daya Manusia, Guru Honor

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 29 Mar 2016 01:46
Last Modified: 29 Mar 2016 01:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/4016

Actions (login required)

View Item View Item