ANALISIS PRODUKTIVITAS USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Ternak Bukit Barisan di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging)

Fajri, Ardan Zakri (2018) ANALISIS PRODUKTIVITAS USAHA PEMBIBITAN SAPI POTONG (Studi Kasus : Kelompok Ternak Bukit Barisan di Nagari Malai III Koto Kecamatan Sungai Geringging). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
06 BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
5 BAB V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKKA)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULL SKRIPSI TEXT)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek teknis dan menganalisis performans reproduksi serta pendapatan usaha pembibitan sapi potong pada kelompok ternak Bukit Barisan selama periode Januari-Desember 2017. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case studi). Variabel yang diamati terdiri dari bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, pencegahan penyakit, angka kelahiran, angka kematian, total penerimaan dan total biaya produksi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelompok ternak Bukit Barisan memperoleh bantuan sapi pada januari 2017 sebanyak 21 ekor (2 ekor jantan dan 19 ekor betina) dan sapi betina mengalami kematian pada bulan Februari sebanyak 2 ekor. Bibit yang dipelihara adalah sapi Bali yang berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB). Pakan yang diberikan hanya berupa hijauan tanpa konsentrat dan diberikan 2-3 kali sehari. Tatalaksana pemeliharan semi intensif. Pencegahan penyakit dengan sanitasi dan pembersihan kandang. Kotoran sapi dijadikan pupuk dan dipakai sendiri oleh anggota kelompok untuk lahan pertanian. Persentase angka kelahiran sebesar 35,29% dan persentase angka kematian sebesar 9,52%. Total penerimaan kelompok ternak Bukit Barisan dalam satu tahun sebesar Rp. 37.900.000,- sedangkan total biaya produksi sebesar Rp. 36.467.940,- /tahun. Jadi total pendapatan kelompok ternak Bukit Barisan sebesar Rp. 1.432.060,- pada tahun 2017 atau pendapatan kelompok perbulan sebesar Rp. 119.338,- dan R/C yang diperoleh adalah 1,04. Kata kunci : Aspek teknis, Performans reproduksi, Pendapatan, Pembibitan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arfa’i, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 24 Oct 2018 10:32
Last Modified: 24 Oct 2018 10:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/40120

Actions (login required)

View Item View Item