PENGELOLAAN ZAKAT DI BANK MANDIRI SYARI’AH DI KOTA PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN (MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT)

Pandu Utama, Pratilo (2018) PENGELOLAAN ZAKAT DI BANK MANDIRI SYARI’AH DI KOTA PAINAN KABUPATEN PESISIR SELATAN (MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FUll.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat memiliki potensi yang besar untuk membantu perkonomian umat. Dari kajian sosial dan ekonomi inilah kajian terpenting yang harus dikembangkan secara luas, dimana zakat yang di harapkan mampu mengatasi problematika kemiskinan dan kesenjangan sosial. Zakat sesungguhnya merupakan instrument kebijakan fiskal Islami yang sangat luar biasa potensinya. Potensi zakat ini jika digarap dengan baik, akan menjadi sumber pendanaan yang sangat besar, sehingga dapat menjadi kekuatan pendorong pemberdayaan ekonomi umat dan pemerataan pendapatan. Ujung dari semua itu bermuara pada meningkatnya perkonomian bangsa. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk membahas pengelolaan zakat di Bank Mandiri Syariah di Kota Painan, Pesisir Selatan (Menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011). Permasalahan dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan zakat di Bank Mandiri Syariah di Kota Painan, Pesisir Selatan (Menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011); 2) Apa kendala dan upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam pengaturan pengelolaan zakat di Bank Mandiri Syariah di Kota Painan, Pesisir Selatan (Menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011); penelitian ini bersifat Deskriptif, dengan metode penelitian yang digunakan Yuridis Empiris atau Yuridis Sosiologis (socio legal research), sedangkan pokok pembahasan menekankan pada aspek hukum (perundang-undangan) yang berlaku, dikaitkan dengan prakteknya dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut: 1)Pengelolaan yang dilaksanakan Bank Syariah Mandiri adalah dengan memberikan bantuan dalam upaya mengentaskan kemiskinanan tidak hanya menggunakan konsumtif saja, tetapi juga menggunakan prinsip manfaat produktif, beasiswa, pendidikan agama, bantuan sarana keagamaan, dan kesehatan. Artinya para mustahik perorangan tidak saja menerima dana zakat, infaq dan shadaqah untuk dikonsumsi, tetapi juga diberi bimbingan dan modal usaha yang cukup agar mereka hidup produktif dan mandiri dan diharapkan bisa berubah menjadi muzaki baru. 2) Kendala yang di hadapi misalkan kurangnya tingkat kesadaran masyarakat terutama kepada nasabah yang mempunyai harta melebihi nisabnya dan wajib mengeluarkan zakat dan juga awam nya pengetahuan masyarakat tentang bagaimana cara tata cara membayar zakat melalui fasilitas yang telah di berikan faktor geografis wilayah juga menjadi kendala dalam proses pengimpunan dana zakat.Serta upaya untuk mengatasi kendala seperti lebih disosialisasikan lagi kemudahan dan keindahan membayar zakat yang dimana merupakan suatu kewajiban bagi setiap kita muslim yang hartanya telah mencapai nisab atau telah lebih dari cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zefrizal Nurdin, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Oct 2018 12:35
Last Modified: 22 Oct 2018 12:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39969

Actions (login required)

View Item View Item