DASAR PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS MENGAKIBATKAN KEMATIAN PADA ORANG (Studi di PengadilanNegeriKelas IB Pariaman)

Mitra, Marsepni (2018) DASAR PERTIMBANGAN HAKIM MENJATUHKAN PIDANA TERHADAP PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA YANG MELAKUKAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS MENGAKIBATKAN KEMATIAN PADA ORANG (Studi di PengadilanNegeriKelas IB Pariaman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Di zaman modern ini setiap manusia pasti memiliki mobilitas yang tinggi, dimana segala macam aktifitas keseharian dilakukan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Penggunaan kendaraan bermotor yang semakin meningkat menjadikan masalah lalu lintas juga semakin bertambah, seperti terjadinya kecelakaan lalu lintas. Dalam keseharian banyak ditemukan pengemudi kendaraan bermotor yang tidak lagi memperdulikan keselamatan dirinya dan pengguna jalan lain, sehingga kecelakaan lalu lintas tidak dapat dielakkan. Kecelakaan lalu lintas terjadi dikarenakan kelalaian pengemudi dalam berkendara. Hal tersebut mengakibatkan pengendara dan korbannya luka-luka, bahkan ada yang meninggal dunia. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pengemudi kendaraan bermotor roda dua yang melakukan tindak pidana kecelakaan lalu lintas mengakibatkan kematian pada orang. 2) Apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya perbedaan penjatuhan pidana terhadap pengemudi kendaraan bermotor roda dua yang melakukan tindak pidana kecelakaan lalu lintas mengakibatkan kematian pada orang. Penulisan skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris yaitu penelitian terhadap masalah dengan melihat dan memperhatikan norma hukum yang berlaku dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada dari permasalahan yang ditemui dalam penelititian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penjatuhan sanski pidana terhadap pelaku kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya orang yaitu berdasarkanPasal 310 ayat (4) Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu, juga menggunakan pertimbangan hakim (pertimbangan yuridis dan pertimbangannon yuridis) serta ditambah dengan keyakinan dan kewenangan hakim untuk menjatuhkan sanski pidana terhadap pelaku yang terbukti karena kelalaiannya mengakibatkan matinya orang. Dengan terlebih dahulu melihat fakta-fakta dalam persidangan, mendengar keterangan saksi dan terdakwa, serta alat bukti yang dihadirkan di persidangan. Oleh karena itu para pengemudi harus berhati-hati dalam berkendara, harus memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain agar terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Kata Kunci : Tindak Pidana, Kecelakan, Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Oct 2018 12:12
Last Modified: 22 Oct 2018 12:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39919

Actions (login required)

View Item View Item