PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK SEBAGAI PENGENDARA SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Wilayah Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Agam)

Dimas Dwinofanto, Putra (2018) PERANAN KEPOLISIAN DALAM PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELANGGARAN LALU LINTAS YANG DILAKUKAN OLEH ANAK SEBAGAI PENGENDARA SEPEDA MOTOR (Studi Kasus Wilayah Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Agam). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
bab 4.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FUll Text)
skripsi dimas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Banyak pengguna jalan tidak mematuhi peraturan berlalu lintas dengan baik yang menimbulkan kebiasaan dalam berlalu lintas yang sangat buruk dan memprihatinkan. Jumlah anak yang mengendarai sepeda motor semakin bertambah banyak, terutama anak sekolah. Selain itu, perlengkapan berkendara mereka banyak yang tidak sesuai dengan standar. Dalam Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah diatur dalam Pasal 77 ayat (1) menyatakan bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM dan syarat-syarat seseorang mengemudikan kendaraan telah diatur dalam Pasal 81 ayat (2). Pelanggaran lalu lintas pada saat ini sangat banyak terjadi, salah satunya di kawasan Agam. Permasalahan yang terjadi adalah 1) Bagaimanakah peranan kepolisian dalam penegakan hukum terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor di wilayah hukum Polres Agam? 2) Apa saja bentuk-bentuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor di wilayah hukum Polres Agam? 3) Apa kendala-kendala yang ditemui oleh kepolisian terhadap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor di wilayah hukum Polres Agam?. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis (empiris). Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, jenis dan sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang terkumpul dalam penelitian ini baik berupa data kepustakaan maupun data lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bentuk-bentuk pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara sepeda motor di wilayah hukum Polres Kabupaten Agam yakni : a. Tidak memilik kelengkapan surat-surat kendaran (SIM dan STNK), b. Tidak menggunakan helm kendaraan, c. Tidak menggunakan motor sesuai standar kendaraan bermoto, d. Melanggar rambu-rambu lalu lintas. Adapun upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak sebagai pengendara bermotor yaitu dengan mengadakan sosialisasi tentang peraturan lalu lintas serta syarat-syarat untuk seseorang bisa mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Tenofrimer, S.H., M.Si.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 22 Oct 2018 10:25
Last Modified: 22 Oct 2018 10:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39915

Actions (login required)

View Item View Item