PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN AKASIA (Acacia auriculiformis Benth.,1842 ) TERHADAP SIKLUS ESTRUS SERTA BOBOT UTERUS DAN OVARIUM MENCIT (Mus musculus L. 1758)

Huda, Nadyatul Khaira (2018) PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAUN AKASIA (Acacia auriculiformis Benth.,1842 ) TERHADAP SIKLUS ESTRUS SERTA BOBOT UTERUS DAN OVARIUM MENCIT (Mus musculus L. 1758). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak bahasa indonesia.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan-Nanad-5-pdf.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
bab-5-pdf.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR-PUSTAKA1-pdf.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img] Text (Full Text Skripsi)
Skripsi_Nadyatul-Khaira-Huda_Biologi-pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Acacia auriculiformis merupakan tumbuhan yang mengandung senyawa fitoestrogen berupa triterpenoid, diterpenoid, dan steroid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol daun akasia (A. auriculiformis) terhadap siklus estrus, bobot uterus, bobot ovarium dan jumlah korpus luteum mencit. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Desember 2017 hingga Februari 2018 di Laboratorium riset Struktur Perkembangan Hewan Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Andalas Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 10 ulangan. Perlakuan yang diberikan terbagi dalam beberapa dosis yaitu kontrol (0 mg/kg bb), 350mg/kg bb, 700mg/kg bb dan 1050mg/kg bb. Pengambilan sampel ulasan vagina dilakukan selama enam hari dan dilakukan koleksi uterus serta ovarium pada hari keenam. Hasil yang didapatkan yaitu bahwa pemberian ekstrak etanol daun akasia mampu memperpanjang siklus estrus pada dosis 700 mg/kg BB dan 1050 mg/kg BB dengan fase diperpanjang berupa proestrus dan estrus. Pemberian ekstrak etanol daun A.auriculiformis dosis 700 mg/kgbb memberikan pengaruh nyata terhadap bobot uterus mencit. Dosis 1050 mg/kgbb memberikan pengaruh nyata terhadap bobot ovarium mencit (M. musculus). Pemberian ekstrak etanol daun A.auriculiformis tidak memberikan pengaruh terhadap jumlah korpus luteum mencit (M. musculus).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Warnety Munir
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 20 Oct 2018 16:56
Last Modified: 20 Oct 2018 16:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39852

Actions (login required)

View Item View Item