ANALISIS PELAKSANAAN PRE FIRE PLANNING SEBAGAI BENTUK PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI TAHUN 2018

REZA, KURNIAWAN (2018) ANALISIS PELAKSANAAN PRE FIRE PLANNING SEBAGAI BENTUK PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN DI PT PERTAMINA (PERSERO) REFINERY UNIT II DUMAI TAHUN 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Perusahaan wajib melaksanakan pengendalian setiap perwujudan energi, pengadaan sarana proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan jiwa, pembentukan organisasi tanggap darurat serta latihan penanggulangan kebakaran di tempat kerja secara berkala. Pre Fire Planning sebagai lathan penanggulangan kebakaran di PT Pertamina (Persero) RU II Dumai telah terlaksana 9 kali dari 12 kali target minimal (dalam persen=75 %). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Pre Fire Planning sebagai bentuk penanggulangan kebakaran di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai Tahun 2018. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni hingga sampai September 2018. Teknik penentuan informan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Pengolahan data dengan mereduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan analisa data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan informasi bahwa pada komponen input yang berkaitan dengan tenaga ditemukan kekurangan tenaga petugas kebakaran sesuai dengan kebijakan Kepmenakertrans RI No: KEP./186/MEN/1999. Pada komponen proses yang berkaitan dengan pelaksanaan Pre Fire Plannning, didapatkan info bahwa realisasi pelaksanaan Pre Fire Plannning hanya terlaksana 9 kali dari 12 kali target pelaksanaannya. Output-nya adalah Telah tercapainya kesiapsiagaan kebakaran yang optimal melalui pelaksanaan Pre Fire Planning yang baik dan terencana di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai sesuai dengan peraturan-peraturan terkait. Pelaksanaan Pre Fire Planning di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai sudah baik, namun masih ditemukan kekurangan dalam jumlah tenaga petugas kebakaran. Disarankan kepada PT Pertamina (Persero) RU II Dumai untuk melakukan penambahan petugas pemadam kebakaran sebanyak 27 orang lagi. Kata kunci : Pre Fire Planning, Kebakaran, Pertamina.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Luthfil Hadi Anshari, SKM, M.Sc
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Oct 2018 16:54
Last Modified: 20 Oct 2018 16:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39848

Actions (login required)

View Item View Item