MALBENI, ELVIA (2018) EFEKTIFITAS TRAINING SMILING PROGRAM AND GREETING DAY TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP, KINERJA DAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI SEMEN PADANG HOSPITAL TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (bab I)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (bab VII)
Bab 7.pdf - Published Version Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (dapus)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
Text (tesis full text)
Thesis Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Service Excellence merupakan hal yang penting dalam pelayanan kesehatan terutama dalam pelayanan kepada pelanggan untuk meningkatkan mutu pelayananan. Salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan Service Excellence ialah dengan berbagai program pelatihan, salah satunya pelatihan Smiling Program And Greeting Day. Penelitian ini dilakukan di Semen Padang Hospital mulai bulan Mei-Juni 2018. Design penelitian berupa Quasy Experimental Pre-Post With Control Group, jumlah populasi 406 orang, dengan teknik proportional random sampling didapatkan sampel sebanyak 90 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang dikembangkan peneliti dan telah dilakukan uji validitas dan Reliabilitas. Semuakuesioner valid dan reliable dengan nilai Cronbach Alpha sebesar 0,734. Uji statistik yang digunakan adalah Independen t-test. Hasil penelitian pada Pengetahuan didapatkan nilai p value 0.000 yang artinya ada perbedaan yang bermakna antara pengetahuan pada kelompok intervensi yang telah diberikan pelatihan dengan kelompok kontrol tanpa perlakukan. Untuk sikap didapatkan nilai p value 0.010 yang artinya ada perbedaan yang bermakna antara sikap pada kelompok intervensi yang telah diberikan pelatihan dengan kelompok kontrol tanpa perlakukan. Untuk kinerja didapatkan nilai p value 0.011 yang artinya ada perbedaan yang bermakna antara kinerja pada kelompok intervensi yang telah diberikan pelatihan dengan kelompok kontrol tanpa perlakukan. Untuk kepuasan kerja didapatkan nilai p value 0.012 yang artinya ada perbedaan yang bermakna antara kinerja pada kelompok intervensi yang telah diberikan pelatihan dengan kelompok kontrol tanpa perlakukan.Saran dari penelitian ini adalah pelatihan Smiling Program And Greeting Day secara kontiniu kepada karyawan guna meningkatkan pengetahuan, sikap, kinerja dan kepuasan kerja pada karyawan dalam pelaksanaan Service Excellence. Selain itu Rumah sakit juga bisa mengevaluasi pelaksanaan pelatihan yang telah dilakukan guna mengetahui kendala dalam pelaksanaan pelatihan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | DR. YULASTRI ARIF, M. Kep |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | s2 keperawatan keperawatan |
Date Deposited: | 20 Oct 2018 11:45 |
Last Modified: | 20 Oct 2018 11:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39819 |
Actions (login required)
View Item |