PENGARUH RASIO DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata) DALAM RANSUM RUMINANSIA TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, LEMAK KASAR DAN BETN SECARA IN-VITRO

Itmi, Selfitri (2018) PENGARUH RASIO DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata) DALAM RANSUM RUMINANSIA TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, LEMAK KASAR DAN BETN SECARA IN-VITRO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1- Pendahuluan)
2._BAB_I_PENDAHULUAN[1].pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3._BAB_V_PENUTUP[1].pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4._DAFTAR_PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (skripsi full teks)
Full[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH RASIO DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN JERAMI JAGUNG MANIS (Zea mays Saccharata) DALAM RANSUM RUMINANSIA TERHADAP KECERNAAN SERAT KASAR, LEMAK KASAR DAN BETN SECARA IN-VITRO ITMI SELFITRI, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS dan Prof. Dr. Ir. Hermon, M.Agr Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasio penggunaan daun gamal dan jerami jagung manis dalam ransum ternak ruminansia secara in vitro, terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 perlakuan dan 4kali ulangan. Perlakuan yang digunakan sebagai berikut: A (0% gamal + 60% jerami jagung + 40% Konsentrat), B (10% gamal + 50% jerami jagung + 40% Konsentrat), C (20% gamal + 40% jerami jagung + 40% Konsentrat), D (30% gamal + 30% jerami jagung + 40% Konsentrat). Parameter yang diamati adalah kecernaan serat kasar, lemak kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan daun gamal dan jerami jagung manis di dalam ransum ternak ruminansia memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kecernaan serat kasar, lemak kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan 30% daun gamal + 30% jerami jagung manis + 40% kosentrat dapat digunakan di dalam ransum ternak ruminansia dilihat dari kecernaan serat kasar, lemak kasar dan bahan ekstrak tanpa nitrogen secara in vitro dengan nilai kecernaan masing-masing serat kasar yaitu 43,23%, lemak kasar 56,51% dan bahan ekstrak tanpa nitrogen 53,83%. Kata Kunci:Daun gamal, jerami jagung manis, kecernaan in vitro, rasio.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Fauzia Agustin, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 20 Oct 2018 11:38
Last Modified: 20 Oct 2018 11:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39786

Actions (login required)

View Item View Item