PENGARUH PENGGUNAAN LAHAN KAKAO YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN KELAPA SAWIT TERHADAP KEANEKARAGAMAN SERANGGA PREDATOR DAN PARASITOID

Nurfina, Yenti (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LAHAN KAKAO YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN KELAPA SAWIT TERHADAP KEANEKARAGAMAN SERANGGA PREDATOR DAN PARASITOID. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (Full text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan penggunaan lahan kakao monokultur menjadi polikultur secara tidak langsung akan mempengaruhi komponen penyusun ekosistem tersebut. Serangga adalah komponen biotik yang respon terhadap perubahan ekosistem, sehingga menarik untuk dikaji khususnya serangga predator dan parasitoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lahan kakao yang diintegrasikan dengan kelapa sawit terhadap keanekaragaman serangga predator dan parasitoid. Penelitian ini dilaksanakan pada beberapa tipe penggunaan lahan yakni lahan kakao-kelapa sawit, kakao, kelapa sawit dan hutan di Nagari Sitiung, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya. Metode yang digunakan untuk menentukan petak sampel yakni systematic sampling menggunakan pola yang disesuaikan dengan bentuk masing-masing lahan. Serangga predator dan parasitoid dikoleksi dengan metode pitfall trap, yellow pan trap, insect net, dan hand collecting. Total serangga predator dan parasitoid yang dikoleksi terdiri dari 9 ordo, 33 famili, 84 morfospesies dan 2.848 individu. Keanekaragaman serangga predator dan parasitoid dipengaruhi penggunaan lahan (p = 0,0034). Serangga predator yang memiliki kelimpahan tertinggi pada semua lahan yakni Formicidae. Serangga parasitoid yang memiliki kelimpahan individu tertinggi yakni Braconidae pada lahan kakao-kelapa sawit, Tachinidae pada lahan kakao, Tiiphidae pada lahan kelapa sawit dan Ichneumonidae pada hutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa lahan kakao yang diinterasikan dengan kelapa sawit memberikan pengaruh yang besar terhadap keanekaragaman serangga predator dan parasitoid. Kata kunci: Braconidae, Formicidae, Ichneumonidae, Tachinidae, Tiiphidae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Juniarti, SP. MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 22 Oct 2018 11:52
Last Modified: 22 Oct 2018 11:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39763

Actions (login required)

View Item View Item