Evaluasi Keampuhan dan Persistensi Insektisida Komersil Terhadap Kecoak Jerman (Blattella germanica L.) Asal Bukittinggi.

Anggia, Safitri (2018) Evaluasi Keampuhan dan Persistensi Insektisida Komersil Terhadap Kecoak Jerman (Blattella germanica L.) Asal Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
cover dan abstrak-anggia.doc.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V (Kesimpulan danSaran).pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI UTUH-anggia-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengenai evaluasi keampuhan dan persistensi insektisida komersil terhadap kecoak jerman telah dilakukan di Laboratorium Riset Fisiologi Hewan, Jurusan Biologi,Universitas Andalas pada Maret sampai Juli 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan persistensi beberapa insektisida komersil terhadap kecoak Jerman. Penelitian menggunakan metode semprot dengan dua populasi kecoak Jerman (VCRU-WHO dan RMKN-BKT) dan enam jenis insektisida (By, Ht, Vp, Nm, Mt dan Fm). Rata-rata waktu kelumpuhan dan kematian dianalisis probit. Kategori efektif dibagi dalam dua kelompok yaitu waktu kelumpuhan (knockdown) dan waktu kematian (lethal) yang harus dicapai dalam waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai waktu kelumpuhan (KT90). Insektisida By, Ht, Vp, Nm, Mt dan Fm tergolong efektif melumpuhkan kecoak jerman populasi VCRU-WHO dan hanya insektisida By yang tidak efektif untuk populasi RMKN-BKT. Berdasarkan nilai waktu kematian (LT90), Enam insektisida tidak ada yang efektif untuk mematikan kecoak jerman populasi VCRU-WHO dan hanya Insektisida Ht dan Fm yang efektif untuk populasi RMKN-BKT. Enam insektisida tidak ada yang bersifat persisten melainkan tergolong resisten tinggi dan resisten sangat tinggi terhadap populasi RMKN-BKT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. RESTI RAHAYU
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 22 Oct 2018 17:58
Last Modified: 22 Oct 2018 17:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39738

Actions (login required)

View Item View Item