PENENTUAN KEBIJAKAN DISKON USULAN UNTUK PERISHABLE ITEM YANG DIPENGARUHI OLEH KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

CYNTHIA, MORINA (2016) PENENTUAN KEBIJAKAN DISKON USULAN UNTUK PERISHABLE ITEM YANG DIPENGARUHI OLEH KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (skripsi full text)
1393.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perubahan zaman berdampak kepada perubahan gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi makanan. Makanan instan merupakan salah satu solusi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan secara efektif dan efisien. Makanan kemasan yang merupakan makanan instan sebagai barang perishable memiliki keterbatasan usia konsumsi yang dikenal sebagai tanggal kadaluarsa. Barang kadaluarsa tentunya akan menjadi ancaman bagi keuntungan usaha ritel apabila persediannya tidak dikelola dengan baik. Selain dari segi persediaan, kecendrungan perilaku konsumen dalam berbelanja juga penting. Beberapa faktor yang berpengaruh antara lain faktor demografi, lingkungan sosial, dan psikologis. Disamping itu karakteristik produk makanan yang dijual tidak lepas dari perhatian konsumen. harga yang terjangkau dan adanya diskon akan memotivasi konsumen dalam membeli produk. Oleh karena itu diperlukan kebijakan penjualan yang tepat sesuai dengan kecendrungan perilaku konsumen dalam berbelanja guna meningkatkan keuntungan usaha ritel khususnya untuk produk yang memiliki batas usia konsumsi (kadaluarsa) Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 97 responden yang merupakan konsumen Supermarket Robinson PT Ramayana Lestari Sentosa cabang Padang. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode slovin dan pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Daftar pertanyaan disusun merujuk kepada beberapa jurnal yang telah dipublikasi. Sedangkan untuk data persediaan didapatkan dari data historis Supermarket Robinson selama tahun 2014. Data persediaan yang dikumpulkan antara lain data penjualan, data pemesanan, dan biaya-biaya terkait. Hasil pengumpulan data kuesioner dianalisis secara statistik dengan cross tabulation, uji chi square, dan uji korelasi Rank Spearman menggunakan Software SPSS 15.0. Data persediaan diolah dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Bramorski (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor demografi yang mempengaruhi produk dengan kadalursa dan diskon adalah usia, pendapatan, dan pendidikan terakhir. Faktor lingkungan sosial yang mempengaruhi produk dengan diskon adalah iklan. Sedangkan faktor psikologis tidak mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan penerapan model diketahui semakin dekat kadaluarsa, jika diskon yang diberikan semakin tinggi maka profit akan semakin rendah. Total profit tertinggi dihasilkan oleh sisa kadaluarsa 4 bulan dengan diskon 10%. Untuk kadaluarsa yang mendekati 3 hingga 1 bulan sebaiknya tidak diberikan diskon. Kata kunci : diskon,kadaluarsa,konsumen,perilaku,perishable

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:38
Last Modified: 28 Mar 2016 04:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/3969

Actions (login required)

View Item View Item