PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI NUTRISI PAKAN BERBASIS HIJAUAN DAN SAGU PADA TERNAK KAMBING KACANG

assadatul, abadiah (2018) PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI NUTRISI PAKAN BERBASIS HIJAUAN DAN SAGU PADA TERNAK KAMBING KACANG. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
2. Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
3. kesimpulan.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
4. dapus.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
5. skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH SUPLEMENTASI MINERAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI NUTRISI PAKAN BERBASIS HIJAUAN DAN SAGU PADA TERNAK KAMBING KACANG ASSADATUL ABADIAH, di bawah bimbingan Prof. Dr. Ir. H. Khalil, M.Sc. dan Dr.Ir. Rusmana WSN, M.Rur.Sc Bagian Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh, 2018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari keragaman dan kualitas pakan serta manfaat suplementasi mineral terhadap terhadap performans. Penelitian diawali dengan pengambilan sampel pada tiga lahan yang berbeda (pohon kelapa,lahan tidur dan kebun pisang) kemudian dianalisa kandungan zat makanan dan mineral. Formula mineral disusun berdasarkan kandungan mineral pakan dan dikaitkan dengan standar kebutuhan ternak kambing dengan komponen utama bahan lokal, pakan dibuat dalam dua formula, tepung dan balok jilat. Ternak diberi tiga perlakuan P0 (kontrol), P1 (mineral tepung) dan P2(balok jilat). Parameter yang diukur adalah jenis keragaman hijauan, kandungan zat makanan dan mineral Ca,P dan Mg, konsumsi, bobot badan, konversi pakan dan mineral darah. Data kandungan zat makanan dan mineral dianalisis menggunakan RAL dan analisa sidik ragam. Data konsumsi, bobot badan, konversi dan mineral darah menggunakan RAK. Hasil penelitian menunjukan bahwa rataan kandungan zat makanan dan mineral adalah berbeda sangat nyata yaitu: BK 17,27 %BS; abu 10,08 %BK; protein kasar 16,54 %BK dan serat kasar 18,17 %BK, Ca 4,45 g/kg; Ca dan P tidak memiliki perbedaan yang nyata P 2,13g/kg dan Mg 3,79 g/kg Bk. Suplementasi mineral pada ternak tidak berpengaruh nyata tetapi berpengaruh posistif terhadap konsumsi hijauan dan kosentrat: 1963,74 g/hari, , konversi pakan: 66,89 g/hari. Rataan bobot badan awal 9,92 kg, bobot badan akhir 12,58 kg, Pbbh 31,65 g/hari. Rataan konsumsi balok jilat 11,61 g/hari. Rataan mineral darah: Ca 7,58 mg/dL; P 5,8 mg/dL dan Mg 3,98 mg/dL. Pakan yang dikonsumsi ternak kambing dapat memenuhi kebutuhan bahan kering dan protein, tetapi defisien mineral Ca dan P. Pemberian mineral dalam bentuk balok jilat berpengaruh positif terhadap pertamabahan bobot badan harian dan konversi pakan. Kata Kunci : bobot badan, kambing kacang, mineral darah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir.H. Khalil, M.Sc
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 19 Oct 2018 16:12
Last Modified: 19 Oct 2018 16:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39669

Actions (login required)

View Item View Item