Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Putusan Pidana Terhadap Penyalahguna Narkotika (Studi di pengadilan Negeri Klas I A Padang)

Widya, Nofia Sari (2018) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Putusan Pidana Terhadap Penyalahguna Narkotika (Studi di pengadilan Negeri Klas I A Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Skripsi dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV (Penutup/Kesimpulan))
BAB IV.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Narkotika diatur Undang-Undang 35 Tahun 2009 tentang Narkotika bertujuan untuk menjamin ketersediaan guna kepentingan kesehatan dan ilmu pengetahuan. Tindak pidana penyalahgunaan narkotika merupakan masalah serius yang dihadapi pada saat ini, karena telah meluas kesemua kalangan. Oleh Majelis Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku penyalahgunaan narkotika haruslah dengan pertimbangan yang baik dan benar, khususnya tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang merupakan merupakan “self victimizing victims” (korban sebagai pelaku). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Apa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap penyalahguna narkotika di Pengadilan Negeri Padang? 2) Bagaimana pertimbangan hakim tidak memberikan rehabilitasi terhadap penyalahguna narkotika? Penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis, sifat penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data adalah studi dokumen dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil, yakni: dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap penyalahguna narkotika pada putusan Nomor 623/Pid.Sus/2014/PN.Pdg dan Nomor 832/Pid.Sus/2017/ PN.Pdg berdasarkan dari pertimbangan yuridis yaitu dakwaan jaksa penuntut umum, tuntutan pidana, keterangan saksi, keterangan terdakwa, jumlah barang-barang bukti yang ditemukan di persidangan, sedangkan aspek non yuridis terdiri dari hal-hal yang memberatkan dan yang meringankan. Pertimbangan hakim tidak memberikan rehabilitasi terhadap penyalahguna narkotika adalah harus adanya Surat Hasil Rekomendasi dari Tim Asesmen Terpadu BNNP Sumbar yang dapat memperkuat dasar pertimbangan hakim dalam memberikan putusan rehabilitasi. Serta partisipasi masyarakat akan memberikan efek putusan yang adil dan seimbang menurut masyarakat. (Kata Kunci : Pertimbangan Hakim, Putusan Pidana, Narkotika)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadillah Sabri, S.H.,M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 19 Oct 2018 17:06
Last Modified: 19 Oct 2018 17:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39654

Actions (login required)

View Item View Item