SELEKSI RIZOBAKTERI INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici PENYEBAB PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.)

Mella, Rizki Khendika (2018) SELEKSI RIZOBAKTERI INDIGENOS UNTUK PENGENDALIAN Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici PENYEBAB PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
3. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Rizobakteri indigenos (RBI) merupakan salah satu alternatif pengendalian penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat rizobakteri indigenos yang berpotensi meningkatkan ketahanan tanaman tomat terhadap serangan Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici secara in planta dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Penelitian disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 15 perlakuan dan 5 ulangan. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji Least Significance Difference (LSD) pada taraf 5%. Penelitian terdiri dari 3 tahap: Tahap I isolasi RBI dari tanah perakaran tanaman tomat. Pengambilan sampel secara acak terpilih (Purpossive Random Sampling) di Kabupaten Solok dan Agam. Tahap II seleksi isolat yang memiliki kemampuan meningkatkan daya muncul lapang dan pertumbuhan bibit tomat. Tahap III seleksi kemampuan isolat RBI untuk pengendalian penyakit layu fusarium pada tanaman tomat. Dari penelitian ini diperoleh 9 isolat yaitu TLRZ2.1, SSRZ1.2, SNRZ2.3, SNRZ2.2, SNRZ2.1, SNRZ1.2, SNRZ1.1, KLRZ3.2, dan KLRZ2.2 yang memiliki kemampuan paling baik dalam meningkatkan ketahanan tomat terhadap penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh Fusarium oxysporum f.sp. lycopersici dengan efektivitas mencapai 100% dan mampu meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Isolat SNRZ2.1, TLRZ2.1, dan SNRZ2.1 memiliki kemampuan paling baik dalam meningkatkan ketahanan tomat terhadap penyakit layu fusarium dan meningkatkan pertumbuhan tanaman tomat. Kata kunci: rizobakteri, indigenos, layu fusarium, tomat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arneti, MS
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 24 Oct 2018 11:22
Last Modified: 24 Oct 2018 11:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39653

Actions (login required)

View Item View Item