Aktivitas Pelayanan Jasa Pada Hotel Pangeran Beach Padang

Reisya, Dinda Putri (2018) Aktivitas Pelayanan Jasa Pada Hotel Pangeran Beach Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TA REISYA DINDA PUTRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Untuk mengembangkan kepariwisatan harus juga di tunjangkan oleh bermacam-macam sarana, salah satunya adalah bidang perhotelan.Bagi pemilik modal atau pemegang saham, pemasaran bertugas untuk memacu pertumbuhan peningkatan perusahaan.Pemasaran bertujuan agar penjualan kamar, makanan dam minuman dapat di tingkatkan.Menurut Komar (2014), manajemen perhotelan adalah tanggung jawab manajemen dalam sebuah hotel yang berada pada seorang atau beberapa orang yang di beri kuasa oleh pemilik untuk mewakili kepentingannya. Tugas-tugas utama tim manajemen hotel meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan pegawai, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk memenuhi tugas-tugas ini di perlukan kemampuan untuk mengordinasi kegiatan-kegiatan di berbagai departemen. Menurut bagyono (2007), sektor pariwisata yang pada umumnya sangat menjanjikan dalam meraih devisa Negara. Hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus sebagai peluang bisnis selain faktor-faktor yang lain seperti industri kecil, dalam mendongkrak perekonomian nasional yang terpuruk akibat krisis moneter. Kesadaran penanganan yang lebih serius terhadap bidang ini telah melahirkan beberapa kebijakan sebagai langkah pengembangannya.Salah satu komponen pariwisata yang besar perannya di Indonesia adalah usaha perhotelan.Sejalan dengan perkembangan tersebut maka produk atau jasa utama sebuah hotel yang menjadikan kebutuhan utama wisatawan adalah kamar dan makanan sekarang sudah menjadi perkembangan.Konsumen mengharapkan sesuatu yang bukan hanya sekedar kamar menginap, namun mereka lebih mengharapkan hal lain seperti pelayanan, kondisi hotel yang nyaman,aman,sopan santun dan rasa hormat dari seluruh karyawan. Menurut Pendit (1994), pengertian hotel di Indonesia tentang peraturan usaha pengelolan hotel, penyelengaraan hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makan dan minuman serta jasa penunjang bagi umum yang dikelola secara komersial. Agar pelayanan yang di berikan kepada tamu bisa tercapai secara maksimal salah satunya memlalui kegiatan pemasaran.Sarana yang sangat penting dalam dunia pariwisata khususnya untuk memenuhi kebutuhan yang berpergian lebih dari sehari adalah Hotel.Dalam hal ini dapat mencari informasi pangsa pasar dan menyerahkan laporan bisnis.bagian pemasaran merupakan bagian yang bertugas menjual semua produk yang di hasilakan hotel, baik berupa kamar penginapan, makanan, ruangan pertemuan, paket-paket yang bisa membuat tamu terbujuk. Hotel sebagai salah satu sarana akomodasi mempunyai peranan yang cukup besar dalam perkembangan industri pariwisata, karena berfungsi sebagai tempat menginap pariwisatawan yang datang selama mereka melakukan perjalanan wisata.Perkembangan industri perhotelan yang pesat telah mengakibatkan timbulnya persaingan yang ketat. Maka akan banyak hotel-hotel mewah dibawah manajemen asing memasuki industri perhotelan di Indonesia dalam menarik tamu untuk menginap, maupun untuk memanfaatkan fasilitas lainnya yang tersedia di hotel. Di tengah kompetisi yang cukup tajam, setiap perusahaan termasuk perhotelan yang ingin memperoleh persepsi positif ataupun citra yang baik di mata masyarakat maka perusahaan itu harus bisa meyakinkan konsumen bahwa perusahaannnya memang lebih unggul di bandingkan dengan yang lain. Agar perusahaan bisa mempertahankan dan melindungi citra tersebut maka perusahaan harus lebih bisa memberikan dan memperhatikan segala keinginan konsumen, hal ini bisa mempengaruhi konsumen lama agar tetap setia menjadi pelanggan perusahaan tersebut. Hotel juga menawarkan jasa transportasi, yaitu dengan mengantarkan tamu hotel ke bandara dengan fasilitas transportasi ini juga mempermudah konsumen untuk berpergian ke tempat yang kusus seperti bandara dan sebaliknya pelayan hotel akan menjemput pelanggan hotel yang meminta jemputan dari bandara dan ingin menuju ke hotel, yang sering memakai jasa jemputan ini berasal dari pramugari, pramugara dan pilot. Tak hanya mereka saja yang bisa menikmati jasa trasportasi ini pelanggan hotel lainnya pun bisa merasakan layanan yang di tawarkan oleh hotel Pangeran BeachPadang. Hotel Pangeran Beach Padang sebagai salah satu hotel yang ada di Padang dimana dalam menghadapi dunia persaingan antar hotel dan wisma maka perlu menyediakan fasilitas dan pelayanaan jasa yang spesifik dan juga inovatif agar dapat lebih unggul dari persaingannya.Persaingan yang kompentitif di dunia perhotelan pada saat ini mendorong setiap penginap melakukan aktivitas promosi dalam menarik minat para calon tamu.Untuk dapat hidup bertahan dalam persaingan ini sangat di perlukan kemampuan manajemen untuk mengambil kebijakan agar perusahaan dapat bertahan dan terus berkembang dan dapat membuat pemakaian jasa merasa tertarik.Berdasarkan uraian latar belakang masalah di atas penulis tertarik untuk meneliti tentang “Aktivitas Pelayanan Jasa Pada Hotel Pangeran Beach Padang”

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yanti SE, MM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 19 Oct 2018 14:55
Last Modified: 19 Oct 2018 14:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39604

Actions (login required)

View Item View Item