PENYEBARAN DAN TINGKAT SERANGAN Brontispa longissima GESTRO (COLEOPTERA : CHRYSOMELIDAE) PADA PERTANAMAN KELAPA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Falino, Trandi (2018) PENYEBARAN DAN TINGKAT SERANGAN Brontispa longissima GESTRO (COLEOPTERA : CHRYSOMELIDAE) PADA PERTANAMAN KELAPA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1.COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN DAN SARAN)
3. BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. tugas akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Serangan Brontispa longissima telah menyebar hampir ke seluruh pertanaman kelapa di Indonesia, sehingga perlu dilakukan pengukuran tingkat serangan sebagai acuan dalam strategi pengendalian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi penyebaran dan intensitas serangan hama B. longissima pada pertanaman kelapa di Kabupaten Padang Pariaman. Sebelas Kecamatan dijadikan sebagai lokasi sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive sampling. Sebuah garis transek dibuat sepanjang 1000m di setiap kecamatan. Di setiap garis ditentutakan 5 kelompok tanaman kelapa dan di setiap kelompok diambil 5 tanaman sebagai sampel. Kriteria sampel adalah tanaman kelapa yang telah berbuah. Parameter yang diamati meliputi kondisi pertanaman, penyebaran serangan, persentase tanaman terserang, persentase pelepah terserang, dan intensitas serangan. Hasil penelitian menunjukkan penyebaran serangan B. longissima di Kabupaten Padang Pariaman tidak merata. Pada sebelas kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman yang dijadikan lokasi sampel, Kecamatan Nan Sabaris, Kecamatan Enam Lingkung, dan Kecamatan Padang Sago tidak terserang B. longissima. Tingkat serangan B. longissima bervariasi dari 4 - 48% dengan rata-rata 14,54 %. Pelepah terserang B. longissima di Kabupaten Padang Pariaman mulai dari 15,32 - 28,11% dengan rata-rata 13,76%. Intensitas serangan B. longissima mulai dari 3,08- 11,41% dengan rata-rata 4,83 %. Kata kunci : Brontispa longissima, Tingkat serangan, Cocos nucifera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Hidrayani, M.Sc
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 23 Oct 2018 12:40
Last Modified: 23 Oct 2018 12:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39588

Actions (login required)

View Item View Item