ANALISIS USAHA PETERNAKAN KERBAU MURRAH DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA (Studi Kasus di Peternakan Bapak Boman)

Yustinus, Alpino P S (2018) ANALISIS USAHA PETERNAKAN KERBAU MURRAH DI KECAMATAN BERINGIN KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA (Studi Kasus di Peternakan Bapak Boman). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover upload.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab I asli.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
bab V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
dapus terbaru.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulll upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di usaha peternakan kerbau murrah Bapak Boman di Beringin Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 1 April- 30 April 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aspek teknis yang digunakan pada usaha kerbau murrah di peternakan Bapak Boman, menganalisis tingkat keuntungan usaha (R/C Ratio) pada usaha kerbau murrah pada peternakan Bapak Boman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus Data yang digunakan pada penelitian ini untuk aspek teknis meliputi: bibit, pakan, tatalaksana pemeliharaan, perkandangan dan kesehatan / penyakit, pada aspek ekonomi meliputi, biaya produksi pada periode April 2018 yang terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel, penerimaan periode April 2018 yang terdiri dari penjualan susu dan pertambahan nilai ternak. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa pada tahapan analasis aspek teknis pada usaha kerbau murrah Bapak Boman yaitu (1) bibit/reproduksi 85% (2) pakan 71,66% (3) tatalaksana pemeliharaan 50% (4) perkandangan 80% (5) Kesehatan dan penyakit 37,50%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan aspek teknis (67,50%) dikategorikan sedang dari skor yang ditetapkan oleh Ditjennak Peternakan (1990). Peternakan kerbau murrah Bapak Boman memiliki R/C Ratio sebesar 2,95 berarti R/C Ratio > 1 maka usaha peternakan kerbau murrah yang dijalankan pada peternakan Bapak Boman tergolong menguntungkan. Kata kunci : Aspek Teknis, (R/C Ratio), Kerbau Murrah

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ida Indrayani, S.Pt, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 19 Oct 2018 15:10
Last Modified: 19 Oct 2018 15:10
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39561

Actions (login required)

View Item View Item