PENGARUH SUHU DAN WAKTU TERHADAP KANDUNGAN ANTIOKSIDAN TOTAL DARI LIMA JENIS TANAMAN HERBAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FENANTROLIN MODIFIKASI

Etriyanto, Arman (2018) PENGARUH SUHU DAN WAKTU TERHADAP KANDUNGAN ANTIOKSIDAN TOTAL DARI LIMA JENIS TANAMAN HERBAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE FENANTROLIN MODIFIKASI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab. I Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab. V Penutup)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suhu, waktu maserasi, waktu penyimpanan ekstrak pada suhu ruang dan suhu refrigerator terhadap kandungan antioksidan total dari daun miana, daun pepaya, daun rambutan, daun salam, dan daun sirih hijau. Penentuan kandungan antioksidan total dilakukan dengan menggunakan metode fenantrolin modifikasi. Metode fenantrolin modifikasi merupakan bagian dari metode fenantrolin dimana pelarut metanol diganti dengan pelarut akuades yang dianalisa dengan menggunakan spektrofotometer UV-VIS pada panjang gelombang 510 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu, waktu maserasi dan waktu penyimpanan pada suhu ruang dan suhu refrigerator berpengaruh terhadap kandungan antioksidan total dari tanaman herbal yang digunakan. Berdasarkan data hasil penelitian didapatkan kondisi optimum terhadap kandungan antioksidan total pada sampel yaitu pada suhu 100oC, waktu maserasi 60 menit dan tanpa waktu penyimpanan ekstrak. Kandungan antioksidan total pada kondisi optimum dari daun miana, daun pepaya, daun rambutan, daun salam, dan daun sirih hijau berturut turut adalah 3,0865; 1,1554; 0,4641; 0,6764; dan 3,3630 mmol Fe/g DW. Kata Kunci : Tanaman herbal, antioksidan total, fenantrolin modifikasi, suhu , waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yefrida,M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 19 Oct 2018 14:58
Last Modified: 19 Oct 2018 14:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39530

Actions (login required)

View Item View Item