Kajian Eksperimental Penggunaan Peredam Dinamik Ganda Tuned Liquid Column Damper dan Sistem Massa Pegas pada Struktur Ruang Dua Lantai

Alhamdi, Dwi Andria (2018) Kajian Eksperimental Penggunaan Peredam Dinamik Ganda Tuned Liquid Column Damper dan Sistem Massa Pegas pada Struktur Ruang Dua Lantai. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrack)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab1.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
penutup.pdf - Updated Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (TA full text)
all file.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Getaran pada struktur bangunan akibat pengaruh gaya luar dapat dikurangi dengan menambahkan peredam pada struktur. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi respon getaran pada struktur adalah menggunakan peredam dinamik. Pada penelitian sebelumnya telah dikembangkan suatu peredam getaran dinamik ganda berupa Tuned Liquid Column Damper (TLCD) dan sistem massa pegas (TMD). Akan tetapi penerapan peredam dinamik ganda tersebut hanya untuk meredam getaran pada satu bidang. Dalam penelitian ini dikembangkan peredam dinamik ganda berupa Tuned Liquid Column Damper (TLCD) dan sistem massa pegas untuk mengurangi pada struktur ruang yang mengalami getaran pada bidang y-z dan x-z. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan volume air pada TLCD dan massa pada TMD. Gaya gangguan diberikan dengan gaya impuls dengan impact hammer dan gaya sinusoidal dari exciter. Dari pengujian yang dilakukan didapat kondisi kerja yang optimum pada TLCD dan TMD. Kondisi kerja optimum TLCD adalah pada velume 364 ml pada arah y-z dan 392 ml pada arah x-z, kemudian kondisi kerja optimum TMD adalah pada massa 0,422 kg pada arah y-z dan 0,435 kg pada arah x-z. Untuk respon dinamik struktur terhadap waktu dapat dilihat pengaruh penggunaan dari peredam dinamik yang digunakan, dari kondisi kerja optimum yang didapatkan, didapat unjuk kerja dari peredam yang digunakan yaitu dapat menurunkan respon struktur sebesar 59,20 % pada arah y-z dan 75,23 % pada arah x-z. Dari respon dinamik struktur terhadap waktu dapat dilihat bahwa penggunaan peredam dinamik TLCD dan TMD dapat mengurangi respon struktur akibat gaya gaya gangguan yang diberikan pada struktur tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Lovely Son
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 19 Oct 2018 11:56
Last Modified: 19 Oct 2018 11:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39485

Actions (login required)

View Item View Item