KAJIAN EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK PENDERITA PNEUMONIA TERHADAP PERBAIKAN DATA KLINIS DI BAGIAN RAWAT INAP PARU RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG

Hengky, Habibi (2018) KAJIAN EFEKTIVITAS ANTIBIOTIK PENDERITA PNEUMONIA TERHADAP PERBAIKAN DATA KLINIS DI BAGIAN RAWAT INAP PARU RUMAH SAKIT UMUM PUSAT DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1.cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan saran)
3. BAB VI kesimpulan saran.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img] Text (Full tesis)
5. FULL TESIS HABIBI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan yang banyak menjadi penyebab kematian terutama di Negara berkembang. Angka kematian pada kasus pneumonia di Rumah SakitM. Djamil adalah sebesar 6,2%. Penggunaan antibiotic yang tidak tepat menyebabkan pengobatan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas antibiotic penderita pneumonia terhadap perbaikan data klinis di Bagian Paru RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan data prospektif dan retrospektif pada Januari 2015 sampai April 2016. Kriteria inklusi yaitu pasien pneumonia dirawat di Bagian Paru RSUP Dr. M. Djamil, serta mendapatkan terapi antibiotik. Analisis data menggunakan analisis statistik uji t-test berpasangan untuk mengetahui efektivitas antibiotic terhadap perbaikan data klinis yaitu data laboratorium berupa nilai leukosit dan data tanda vital tubuh berupa nilai suhu tubuh, frekuensi nafas dan frekuensi nadi. Hasil penelitian menunjukan dari 71 kasus pneumonia, 73,2% pasien laki-laki dan 26,8% pasien perempuan dengan kejadian paling banyak pada usia >55 tahun (46,5%) dan lama hari perawatan terbanyak 5-8 hari (35,2%). Efektivitas antibiotik pada penderita pneumonia terhadap perbaikan data klinis atau clinical outcome di RSUP DR. M. Djamil menunjukkan hubungan yang bermakna antara antibiotik dengan perubahan nilai leukosit, suhu tubuh, frekuensi nadi dan frekuensi nafas sebelum dan sesudah terapi (P<0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yufri Aldi, M.Si, Apt
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 22 Oct 2018 11:40
Last Modified: 22 Oct 2018 11:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39481

Actions (login required)

View Item View Item