Kehidupan Antar Umat Beragama (studi kasus di Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Taupic, Musti taupic (2018) Kehidupan Antar Umat Beragama (studi kasus di Kelurahan Senggarang, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
NO 1 COVER - 2 Dalam.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
NO 2 bab 1.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab5)
NO 3 bab55.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
NO 4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
NO 5 UTUH FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Kehidupan Antar Umat Beragama pada masyarakat Senggarang terdapat lima penganut agama yaitu; Islam, Katolik, Kristen, Budha, dan Konghucu, juga memiliki sarana peribadatannya masing-masing dan mereka pun dapat hidup bersama dalam satu wilayah yang sama. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan kehidupan antar umat beragama yang ada di Kelurahan Senggarang serta mengetahui nilai-nilai yang dijadikan pedoman oleh umat beragama untuk dapat hidup bersama di kelurahan Senggarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan studi kepustakaan. Informan penelitian ini dibagi ke dalam dua jenis yaitu informan kunci dan informan biasa. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa keberagaman Umat beragama di Kelurahan Senggarang yang menganut agama yang berbeda-beda mereka dapat hidup bersama sebagaimana tiap-tiap umat baragama dapat melaksanakan ibadah sesuai ajaran agama masing-masing tanpa ada larangan maupun gaguan dari umat beragama yang berbeda, disamping itu mereka dapat bergaul satu sama lain tanpa membeda-bedakan agama dan juga saling menghargai, menghormati serta saling tolong menolong antar sesama umat beragama. Kehidupan antar umat beragama di kelurahan Senggarang, mereka dapat hidup bersama dengan adanya nilai-nilai yang dijadikan pedoman dalam masyarakat tersebut yaitu bahwa setiap masyarakat mempunyai hak-hak untuk memeluk agama yang dipercayainya serta keamanan bagi umat beragama yang melakukan aktifitas peribadatan. Umat beragama di Senggarang juga mempunyai nilai-nilai akan keterbukaan dalam pergaulan, kepedulian dan saling tolong menolong tanpa membeda-bedakan agama. mereka juga tidak melupakan bahwa pentingya memahami ajaran agama yang berbeda dengannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Rer.Soz Nursyirwan Effendi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 19 Oct 2018 12:41
Last Modified: 19 Oct 2018 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39438

Actions (login required)

View Item View Item