ANALISIS VOLUME LALU LINTAS DI KAWASAN JALAN JENDRAL SUDIRMAN AKIBAT AKTIVITAS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA PADANG

Fadly, Ifwandi (2018) ANALISIS VOLUME LALU LINTAS DI KAWASAN JALAN JENDRAL SUDIRMAN AKIBAT AKTIVITAS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 3 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
5. Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

SMK Negeri 3 Padang merupakan salah satu sekolah yang berada di kawasan perkantoran pemerintah kota Padang tepatnya di kawasan jalan Jendral Sudirman. SMK Negeri 3 Padang memiliki siswa 978 orang dan guru 80 orang. Jumlah kedatangan siswa dan guru tersebut tentunya akan mengakibatkan bertambahnya volume kendaraan yang melewati jalan tersebut. Jika volume lalu lintas menuju ke SMK Negeri 3 Padang dan volume lalu lintas jalan Jendral Sudirman berada pada waktu yang bersamaan, akan menimbulkan puncak volume lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui volume tarikan perjalanan ke lokasi sekolah pada jam masuk sekolah, mengetahui karakteristik pengunaan kendaraan pada ruas Jln. Jendral Sudirman serta yang masuk ke lokasi sekolah, dan mengetahui kontribusi dampak lalu lintas akibat adanya sekolah. Jenis survey yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode traffic counting dengan lokasi survey di jalan Jendral Sudirman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu perhitungan manual berdasarkan Panduan Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada tanggal 10 Mei 2018 ini didapatkan jumlah tarikan perjalanan ke SMK Negeri 3 Padang adalah sebanyak 251 kendaraan dengan jumlah siswa dan guru sebanyak 484 orang yang mana karakteristik penggunaan jenis kendaraan yang banyak digunakan dalam mengakses jalan ke sekolah adalah menggunakan sepeda motor dan menggunakan kendaraan umum. Hal ini terjadi karena lokasi sekolah yang berada di pusat kota dan dilalui oleh jalur transpadang. Selanjutnya, jam masuk SMK Negeri 3 Padang yaitu pukul 7.15 WIB sedangkan volume jam puncak di jalan Jendral Sudirman terjadi setelah jam masuk sekolah tersebut. Selain itu, nilai Derajat Kejenuhan (DJ) yang didapat adalah 0,426 dengan nilai Indeks Tingkat Pelayanan (ITP) jalan adalah B, yaitu berkarakteristik arus stabil, tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas. Sehingga tidak diperlukan pengaturan jam masuk sekolah. Kata kunci: Volume Puncak, Tarikan Perjalanan ke Sekolah, Kapasitas Jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: M. AMINSYAH, M.T
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 19 Oct 2018 10:30
Last Modified: 19 Oct 2018 10:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/39416

Actions (login required)

View Item View Item