STUDI FENOMENOLOGI: PERSEPSI IBU BEKERJA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Beta, Awalia (2015) STUDI FENOMENOLOGI: PERSEPSI IBU BEKERJA TERHADAP PEMBERIAN IMUNISASI DASAR DI WILAYAH KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201507301550th_skripsilengkapbeta.compressed.compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Alasan utama atau alasan tertinggi anak tidak diimunisasi adalah takut anak menjadi panas dan juga terdapat 26,3% yang menyatakan bahwa keluarga tidak mengizinkan anak untuk diimunisasi. Kesibukan orang tua khususnya ibu, seperti pada ibu yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil juga akan berpengaruh pada pencapaian imunisasi lengkap. Karena sebagai ibu bekerja berarti sebagian dari waktunya akan tersita sehingga waktu yang dimiliki orang tua sedikit untuk memperhatikan dan bahkan jadwal imunisasi pun terkadang lupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi persepsi ibu bekerja terhadap pemberian imunisasi dasar di wilayah kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi deskriptif dan pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan 5 orang partisipan yang diambil secara purposive sampling. Data dianalisa dengan metode Collaizi. Hasil penelitian memunculkan 3 tema yaitu “support sistem dalam imunisasi”,”kendala dalam imunisasi” dan “faktor pendorong imunisasi”. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan bagi tenaga kesehatan untuk terus memotivasi ibu bekerja dalam memberikan imunisasi dan mengklarifikasi informasi kurang tepat yang diperoleh ibu bekerja serta menjelaskan manfaat imunisasi bagi anak. Kata kunci: studi kualitatif, imunisasi, ibu bekerja, persepsi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 04 Feb 2016 04:02
Last Modified: 03 Aug 2016 10:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item